Jumat, 09 Juni 2017

Revisi Juknis PPDB SMA/SMK : Peraturannya Diringankan




Edy Effendi (beny/kk
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Setelah sempat dikeluhkan, petunjuk teknis (juknis) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA, akhirnya direvisi. Salah satunya mengakomodasi permintaan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, yakni calon siswa tetap bisa mendaftar di zona lain dengan kuota 25 persen. 


Kepala SMA Negeri 2 Balikpapan Drs Edy Effendi mengatakan, telah mendapat kesepakatan bersama provinsi terkait penyempurnaan sistem PPDB SMA/SMK. Salah satunya peraturan wajib menyertakan surat bebas narkoba untuk pendaftaran. Saat ini peraturan diringankan dengan pembuatan surat pernyataan dari anak dan orangtua di atas materai. Kemudian bila diterima di sekolah yang dituju, baru mengurus surat bebas narkoba di BNN atau puskesmas yang ditunjuk,”kata Edy pada saat ditemui kabarkaltim diruang kerjanya, Jumat (9/06/17). 


"Surat bebas narkoba memang cukup sulit dan butuh waktu mendapatkannya. Jadi dengan solusi baru ini tidak menghambat siswa bila ingin mendaftar ke SMA/SMK tujuannya," kata Edy yang juga sebagai Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK Balikpapan.


Dia juga menjelaskan, untuk jalur zonasi persentase penerimaan diubah. Sebab yang tadinya jalur lintas zona diperbolehkan hanya sebanyak 5 persen, maka kini ditambah hingga 25 persen. "Jadi sekarang bagi yang mau masuk sekolah favorit jatah kuotanya 25 persen dari daya tampung sekolah," ucapnya.


Cara pengambilan siswa dari jatah 25 persen, lanjutnya, akan diambil berdasarkan nilai UN terbaik yang dirangkingkan. Kemudian jika tidak masuk kuota, diberi kesempatan mendaftar di zonanya masing-masing. "Waktu pelaksanaan tetap sesuai Juknis 12 Juni," katanya.


Adapun selain lintas zona, juga dibuka jalur Bina Lingkungan yang mencakup anak yang termasuk masuk dalam keluarga miskin (gakin), sementara anak guru dan tenaga kependidikan,4 persen, kemudian siswa dari 4 RT sekitar sekolah, itu jumlahnya 8 persen dari daya tampung,” kata Edy. 


 "Kembali jelaskanya, saat ini sedang persiapan PPDB. Pihak SMA/SMK tengah membuat verifikasi data calon siswa berprestasi," tambahnya.


Ia mengharapkan kepada masyarakat utuk menyambut PPDB online ini,warga dan masyarakat dapat mengikuti dengan baik,dan apa bila ada hal-hal yang kurang jelas dapat bisa ke kami untuk mendapat penjelasan yang jelas,intinya kami sebagai pelaksana atau pelaku-pelaku tugas pendidikan ini selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat dan mari kita sama-sama menghargai upaya-uapaya ini agar berjalan dengan baik, ”tandas Edy. (beny)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM