Sabtu, 03 Juni 2017

Keprihatinan Aliansi Masyarakat Balikpapan Bersatu : Soroti Masalah Lingkungan dan Ketenagakerjaan


Aliansi Masyarakat Balikpapan Bersatu usai konferensi pers (beny/kk)
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Beranjak dari keprihatinan akan kondisi lingkungan dan masalah ketenagakerjaan maupun kondisi perekonomian Balikpapan, terbentuklah Aliansi Masyarakat Balikpapan Bersatu, dimana aliansi ini memperjuangkan hak-hak dan juga nasib warga kota. Aliansi Masyarakat Balikpapan Bersatu terdiri dari berbagai ormas, LSM maupun elemen warga kota lainnya, dimana presidiumnya masing-masing Ketua ormas, Ketua LSM atau elemen lainnya. 



Daniel Rigan (rahman/kk)
Bertempat di Hotel Jatra, Balikpapan Super Blok (BSB), Sabtu (3/6/2017) Aliansi Masyarakat Balikpapan Bersatu menggelar konferensi pers. Dalam pertemuan tersebut, disoroti proyek besar Pertamina RU V Balikpapan, yang saat ini berjalan yaitu proyek Refinery Development Masterplan Program (RDPM). 

Seperti diketahui, saat ini berlangsung proyek pembukaan lahan di kawasan Gunung Sepuluh. Persoalan lingkungan sangat disorot, mulai dari perizinan, hilangnya ekosistem yang menjadi habitat banyak makhluk hidup di dalamnya. 

"Kita menebang satu pohon saja, ada aturannya. Ini berapa pohon yang ditebang. Tentu pengupasan lahan sangat berdampak pada sisi lingkungan," seru Daniel Rigan-perwakilan presidium Aliansi Masyarakat Balikpapan Bersatu. 

Lanjut Daniel, selain masalah lingkungan, masalah penting lainnya yaitu ketenagakerjaan. Warga lokal harus mendapat peran dalam proyek skala nasional yang ada di Kota Balikpapan tersebut. Selain warga untuk urusan tenaga kerja, Daniel Rigan juga mengemukakan para pengusaha lokal juga harus diperhatikan. 

"Para pengusaha lokal harus dilibatkan, pengusaha di Balikpapan juga punya kemampuan. Ada aturannya, setiap proyek di suatu daerah, pengusaha lokal itu dilibatkan. Bahkan kami menilai, perlu sistem kerja sama antara pemilik proyek dengan pengusaha lokal," beber Daniel. 

Untuk memperjuangkan apa yang menjadi hak warga terkait ketenagakerjaan dan juga terkait isu lingkungan, aliansi ini akan menggelar aksi ke RU V Balikpapan. Aksi diagendakan pada Kamis (8/6/2017) mendatang. (tim kk)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM