Sabtu, 24 Juni 2017

Ada 5 Kapal Perang Tercanggih di Abad ke-21 Ini; Adakah dari Indonesia?


KABARKALTIM.CO.ID - Dunia teknologi memasuki abad ke-21 semakin canggih menggila, luar biasa, dan seakan tak terkendali, begitupun perkembangan yang diterapkan pada teknologi kapal perang.

Bagi sebuah negara yang dikelilingi atau setidaknya berbatasan dengan perairan, kapal perang menjadi salah satu armada penting untuk mempertahankan kedaulatan negara. Kendaraan tempur yang satu ini terus mengalami perkembangan yang signifikan sejak awal kemunculannya. Tentu saja hal itu beriringan dengan perkembangan teknologi yang melaju seiring kemajuan zaman.

Dalam teknologi pada kapal-kapal perang tersebut telah diadaptasikan fitur-fitur tercanggih dan senjata berbobot berat sekaligus mematikan yang sebelumnya tak pernah kita bayangkan dapat digendong oleh sebuah kapal perang, kini sudah sering kita lihat di hampir semua kapal perang yang ada di dunia. Namun ada 5 kapal perang yang tergolong tercanggih di abad ke-21 ini. Dari negara-negara mana saja? Simak artikel berikut ini.

1. USS Zumwalt – Amerika Serikat

Nama kapal ini adalah Zumwalt; dan masuk kelas perusak (destroyer) Ini adalah kapal perang paling canggih dan paling besar yang dipunya Amerika Serikat kini. Kesan futuristik memang sudah terlihat dari desainnya yang tajam meruncing, dan tidak kaku alias tampak hidup. Kapal perang ini punya dimensi ketinggian 600 kaki atau 180 meter. Dengan sistem sensoriknya yang canggih, yang membuat kapal ini sulit terdeteksi oleh radar, Zumwalt dapat secara fleksibel digunakan untuk keperluan penyerangan hingga pertahanan.

USS Zumwalt
Di sektor persenjataannya, Zumwalt juga dilengkapi Advanced Gun System (AGS) jenis persenjataan tercanggih yang dapat meluncurkan 600 proyektil per menit dengan bertenaga roket yang dapat mencapai target hingga 100 km lebih. Zumwalt juga telah dilengkapi amunisi rudal Tomahawk, rudal penghancur pesawat terbang, hingga rudal anti kapal selam. Kapal perang super canggih yang punya bobot 15 ribu ton ini dihargai $4,5 miliar atau sekitar Rp 58 triliun per unitnya.

2. INS Kochi – India

Kapal kelas Kolkata ini adalah bukti kalau India sudah mandiri dalam pembuatan kapal perang. Kochi telah mulai dirancang sejak tahun 2009 dan sudah dapat dioperasikan pada tahun 2015. Dengan bobot hampir menyentuh angka 8.300 ton serta panjang 163 meter, Kochi dapat melaju sampai kecepatan 53 km per jam. Angka yang baik untuk ukuran kecepatan kapal perang.

INS Kochi
INS Kochi dilengkapi 16 rudal Brahmos untuk menyerang sesama kapal dan 32 rudal jarak menengah. Sedangkan untuk mengantisipasi serangan kapal selam, kapal ini juga dipersenjatai dengan 4 peluncur torpedo MK 46 dan 2 stasiun peluncur roket anti kapal selam RBU-6000. Selain Kochi, hingga saat ini India juga sudah punya Kolkata dan Chennal.

3. HSwMS Visby – Swedia

Tak cuma Zlatan atau IKEA, Swedia juga punya hal lain yang bisa mereka banggakan, kapal perang Visby. HSwMS Visby masuk ke dalam kelas korvet, alias kapal perang berukuran kecil. Meski kecil, teknologinya tak main-main kok. Buktinya, bodi kapal ini telah dilengkapi dengan serat karbon yang punya kemampuan untuk “menyamarkan diri” dari deteksi layar.

HSwMS Visby
Di sektor senjata, Visby telah dilengkapi dengan senapan Bosfors 57 mm 70 SAK yang dapat melontarkan 120 proyektil per menitnya dengan jangkauan jarak mencapai 17 km. Ada juga Saab Bofors Dynamics RBS 15mk2, misil khusus untuk menghantam kapal perang dengan hulu ledak yang mencapai berat 200 kg.

4. HMS Dauntless – Inggris

HMS Dauntless masuk ke dalam kategori kapal penghancur tipe 45. Kapal berbobot 8 ribu ton ini disebut-sebut merupakan yang terbaik dan tercanggih yang ada di bumi saat ini. Teknologi radar dan sistem persenjataannya diklaim mampu memburu target musuh berukuran paling kecil dengan kecepatan paling tinggi sekalipun sehingga membuatnya semakin galak. HMS Dauntless dapat diisi oleh 190 awak kapal.

HMS Dauntless
Awalnya, negara ini berniat membangun 12 kapal seperti ini. Namun, akibat biaya yang membengkak (satu unitnya mencapai 1,5 miliar pounds), mereka pun terpaksa membatalkannya. Kabar terbaru bahkan menyebutkan kalau kapal ini punya masalah operasional, seperti kehilangan power serta masalah kelistrikan sehingga memerlukan perbaikan lebih lanjut.

5. KRI Martadinata 331 – INDONESIA
 
Sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia, wajib dong hukumnya kalo Indonesia punya armada laut yang bisa dibanggakan. Dan masyarakat Indonesia boleh berbangga, karena lewat kerja sama alih teknologi antara TNI AL dan PT PAL dengan galangan kapal Damen Schiede Naval Ship Building dari Belanda, terciptalah sebuah kapal perang super canggih bernama Kapal Perang RI (KRI) Raden Eddy (R.E.) Martadinata-331.

KRI R.E. Martadinata 331
KRI R.E Martadinata 331 punya bobot hampir 3 ribu ton, tepatnya 2.946 ton. Panjangnya sekitar 105 meter dengan lebar 14 meter. KRI ini sudah mengadaptasikan teknologi siluman, sehingga sulit terdeteksi oleh radar musuh. Kecepatannya? Maksimal bisa dicapai hingga 28 knot. Kapal kebanggaan RI ini membuat pemerintah menghabiskan dana sekitar $340 juta.

Soal persenjataan tak perlu khawatir. Sistem persenjataan ini sudah dilengkapi dengan rudal, torpedo, hingga meriam untuk menghalau dan menyerang musuh yang ada di berbagai medan. Contohnya, rudal paling sakti milik R.E Martadinata, Excocet MM40 Blok 3, yang jangkauannya mampu mencapai jarak 180 – 200 km. lalu ada OTO Melara, senjata yang terletak di tengah kapal ini siap memuntahkan 85 proyektil per menit ke arah musuh.

Itulah 5 kapal perang tercanggih yang ada di dunia saat ini. Seperti sudah dikatakan di paragraf awal, kemajuan teknologi punya andil dalam perkembangan kapal perang. Satu dua dekade ke depan, kita mungkin akan melihat kemunculan kapal perang yang jauh lebih canggih dari yang telah dipaparkan di atas. Dan ketika itu terjadi, kita harapkan Indonesia telah berada sejajar dengan negara berteknologi maju lainnya dan menjadi salah satu negara yang memproduksinya dan memilikinya. Semoga. [*\maxor]
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM