Senin, 08 Mei 2017

Profesi Wartawan Butuh Perjuangan

Ismunandar. (baharsikki/kk)
SANGATTA, KABARKALTIM.CO.ID- Bupati Ismunandar menyambut baik digelarnya Musyawarah Besar Pertama Aliansi Jurnalis Kutai Timur(Mubes I AJKT) di Gedung Wanita Pusat Perkantoran Bukit Pelangi, Senin (8/5/2017). Dia mengatakan, aliansi merupakan wadah berkumpul yang memiliki profesi kewartawanan.  Karena profesi jurnalis butuh perjuangan. Ada yang bilang bekerja sebagai wartawan, separuh badan mati, dan separuh badan hidup.

Adanya Mubes AJKT ini membuktikan bahwa AJKT masih ada. Karena jurnalis itu orangnya, tapi kalau jurnalistik adalah kegiatan. Dalam menjalankan profesi kewartawanan tentunya terikat dengan kode etik.


"Jangan sampai apa yang dilihat langsung diwartakan. Tapi sebelum menulis berita wartawan sebaiknya mericek apa yang sesungguhnya terjadi. Ini dimaksud agar tidak menginformasikan hoax atau kebohongan kepada pembaca," harap bupati Kutim dalam sambutan pembuka Mubes I AJKT. 

Dicontohkan, pernah ada berita media menyatakan, proyek jalan Sangatta- Rantau Pulung bernilai miliaran rupiah alami rusak. Padahal, jalan itu longsor. Longsor ini termasuk bencana alam. Bukan karena pekerjaan proyek tersebut asal-asalan. "Asal muasal kejadian kerusakan jalan itu (Sangatta- Rantau Pulung, Red) tidak diceritakan. Sebelum tulis berita sebaiknya diklarifikasi dulu," imbuh Ismunandar.

Karena khadiran jurnalis untuk berperan pengawal pembangunan dalam mewujudkan Gerbang Desa Madu di Kutim mutlak diperlukan. Bukan berarti pemerintah tidak mau dikritik. Tapi pemerintah memerlukan kritikan yang bersifat membangun (konstruksi). Agar kedepan ada proses perbaikan-perbaikan  

Sekadar diketahui, Mubes AJKT sehari telah sukses dilaksanakan. Dedi terpilih mengganti Joni Sapan sebagai ketua umum AJKT periode 2017-2019. Dedi dalam pemungutan suara memperoleh 21 suara dari 39 pemilih. Sementara kandidat calon Ketua Umum AJKT Ibnu hanya mendapat 18 suara. Sesuai mekanisme pemilihan ketua, maka siapa di antara calon memperoleh jumlah suara lebih banyak maka secara otomatis dialah berhak menduduki pucuk pimpinan AJKT selama 2 tahun kedepan. (ri)
 






Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM