Mei 05, 2017

350 KK Ikuti Program L2T2


Haidir : IPLT Manggar Kapasitas 15 Meter Kubik per hari



Haidir Effendi (kiri) saat launching L2T2 di Gunung Bahagia
BALIKPAPAN, KABARKALATIM.CO.ID–Pemerintah Kota Balikpapan telah resmi meluncurkan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) di Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, Sabtu (29/4/2017). Sebagai langkah awal dan pilot project, ada 350 kepala keluarga (KK) yang ikut serta dalam program ini. 

”Target kita di dua kelurahan ini ada 352 pelanggan,” kata Direktur Utama PDAM Haidir Effendi dalam acara launching Layanan Lumpur Tinja L2T2. 

Pada program ini, PDAM Balikpapan bertindak sebagai operator LLTT. Layanan ini bertujuan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Kota Balikpapan melalui upaya menghindarkan dari ancaman penyakit yang disebabkan oleh buruknya pengelolaan sanitasi.


“Budaya pengelolaan sanitasi perlu digalakkan oleh warga Balikpapan melalui perawatan tanki septik dengan mengurasnya secara berkala. Hal ini perlu dilakukan mengingat hanya sebagian besar warga Balikpapan yang memiliki kesadaran untuk menguras tanki septik,” jelas Haidir. 


Berdasarkan hasil penelitian dari Enviromental Health Risk Assesment (EHRA) pada tahun 2014 yang menyatakan bahwa sebanyak 88,5% warga Balikpapan telah memiliki tanki septik, namun sebagian besarnya yaitu 67,8% tidak pernah melakukan pengurasan. Kondisi ini menunjukkan bahwa tanki septic yang dimiliki warga tidak kedap/ bocor, sehingga cairan dari tanki merembes kedalam tanah yang dapat mencemari air tanah. 

“Jadi tanki septik harus standar yaitu harus kedap/ tidak bocor sehingga jangka waktu tertentu harus dilakukan pengurasan,” tutur Haidir. 


Haidir melanjutkan hasil pengurasan tanki septik yang berupa lumpur tinja tersebut akan ditampung dan dikelola di Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) di Manggar milik Pemerintah Kota Balikpapan.


“IPLT kita yang ada di Manggar itu kapasitasnya 15 meter kubik per hari,” ucap Haidir. 


Diketahui pada Peluncuran L2T2 ini ditandai dengan pengguntingan pita pada mobil tanki layanan lumpur tinja, dilanjutkan penandatanganan secara simbolis pernyataan sebagai pelanggan LLTT, dan penandatanganan prasasti Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Manggar,” tandas Haidir. (beny)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM