Selasa, 25 April 2017

Trailer Ambles Akibat Jalan Trans Kalimantan Rusak Parah

Jalan Trans Kalimantan Rusak. (baharsikki/kk)
SANGATTA, KABARKALTIM. CO. ID- Kondisi Jalan Trans Kalimantan yang melintasi wilayah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Pemprov. Kaltim makin rusak parah. Jangankan mobil ukuran mini bisa ambles, trailer mengangkut beban berat pun ikut ambles. Itu terjadi  pada trailer nopol B 9930 J ketika melintasi tanjakan jalan rusak dari poros Bontang- Sangatta. Persisnya di kawasan Taman Nasional Kutai (TNK) kilometer 15 dalam wilayah Kecamatan Sangatta Selatan, sekira pukul 23.00 Wita, Selasa (24/7/2017).


" Tadi malam sekira pukul sebelas malam, mulai ambles. Sampai pagi ini masih tetap ambles. Belum bisa keluar," beber pria berbaju kaos warna merah di lokasi kejadian perkara, Rabu (25/4/2017) sekira pukul 07.40 Wita.

Trailer pengangkut beban berat ambles di keheningan malam ketika melintasi jalan aspal
Dorong truk ambles. (baharsikki/kk)
rusak berlubang. Gardan trailer itu kandas pada tonjolan aspal rusak tersebut. Sehingga, mobil 18 roda tersebut tidak bisa lagi melanjutkan perjalanan karena ketika diinjak gas, rodanya hanya berputar di tempat. Sehingga mau tak mau pengendara trailer harus bersabar berjam-jam menunggu bantuan datang. Amblesnya trailer itu menambah sengsara pengguna jalan yang melintas di kawasan TNK. Ratusan meter deretan truk baik dari arah Bontang maupun dari Sangatta harus antrean hati-hati melintasi sebelah kanan trailer ambles itu.

"Mana presiden Jokowi. Kini jalanmu rusak. Kami di sini sengsara. Jalan ini perlu segera diperbaikan," teriakan  pengguna jalan  yang sempat kena macet.

Ketika giliran truk nopol KT 9744 AK berusaha melintasi trailer ambles tersebut, truk cat warna merah bagian belakang itu sempat ikut ambles. Pengguna jalan ikut berusahar gotong royong  mendorong mobil truk ambles yang dikemudikan pria umur sekira tigapuluhan tahun itu guna keluar dari jalan becek. Berkat bantuan tarikan kencang menggunakan rantai besi dari truk  Patria cat warna putih mobil truk dari arah Sangatta menuju Bontang keluar dari jebakan lubang. Arus lalulintas sempat lumpuh beberapa menit. Karena mobil truk warna merah bisa lolos dari ambles sekira pukul 08.06 Wita, Rabu pagi.

Setelah mobil truk warna merah  berhasil keluar dari ambles. Arus lalulintas mulai bergerak berlahan. Meski  antrean panjang baik pengguna jalan dari arah Sangatta maupun sebaliknya giliran melewati trailer ambles itu. Hingga berita ini ditulis trailer masih ambles di urat nadi transportasi darat satu-satunya penghubung wilayah 4 provinsi di pulau Borneo, yakni Kaltim-Kaltara, Kalsel dan Kalteng.

Bupati Ismunandar menyatakan, tanggungjawab perbaikan jalan rusak Trans Kalimantan itu merupakan kewenangan pemerintah pusat. Jalan poros Bontang -Sangatta itu melinatsi wilayah Kutim itu merupakan  kewenangan Pemprov Kaltim. Itu statusnya jalan negara. Dan, kemenangannya ada pada Pemprov Kaltim. Pemkab Kuti telah melakukan koordinasi bagaimana kedepan jalan rusak yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, kewenangan pemerintah provinsi dan kewenangan pemerintah kabupaten segera diperbaiki.

"Kadang kalau ada jalan rusak. Yang disalahkan bupatinya. Masyarakat tak mau tahu, jalan itu menjadi kewenangan siapa. Tahunya salahkan bupati. Padahal tidak semua perbaikan jalan menjadi tanggungjawab bupati," ujarnya pada berbagai kesempatan. (baharsikki)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM