Sabtu, 15 April 2017

Gerakan Bersih Pantai Balikpapan Barat : Wali Kota Minta Program Dilanjutkan

Bangkitkan Kesadaran Masyarakat         




Berbagai elemen warga terlibat aksi bersih (beny/kk)
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Dalam  rangka mewujudkan kebersihan lingkungan  pesisir menuju Balikpapan nyaman dihuni, Kecamatan Balikpapan Barat mengadakan  gerakan bersih-bersih pantai, Sabtu (15/42017). Kecamatan Balikpapan Barat bersama TNI AD, AL, AU, Polri, Forum Peduli Lingkungan Pesisir (FPLP), Pemkot Balikpapan, PT Pertamina RU V, Karang Taruna, PKK Balikpapan Barat serta masyarakat. 


Dalam acara bersih tersebut, Wali Kota Rizal Effendi terjun langsung ke lapangan melakukan bersih-bersih  sampah-sampah yang ada dibawa kolong rumah warga. Wali kota mengatakan dalam rangka gerakan masyarakat bersih lingkungan ini, supaya kota tetap dalam keadaan bersih dan sehat. 

"Kita berterima kasih kepada Forum Peduli Lingkungan Pesisir yang  menggagas acara ini sehinggga terlaksana dengan baik. Program ini harus dilakukan setiap saat, tidak stop sampai di sini saja,” kata Rizal kepada media ini di sela-sela acara bersih-bersih berlangsung. 
 
Perlu diketahui oleh masyarakat sampah plastik ini diproduksi setiap hari, acara ini juga salah satu membangkitkan kesadaran masyarakat, karena Kota Balikpapan salah satu contoh dari kota yang lain peduli penanganan sampah plastik. 


Wali Kota Rizal Effendi mengeruk sampah (beny/kk)
"Jadi gerakan ini yang kita lakukan di masyarakat Balikpapan Barat, walaupun sampah ini diproduksi tiap hari, dan juga tidak semuanya dari masyarakat Balikpapan Barat karena pantai pesisir, bisa saja dari luar daerah," ucap Rizal. 


"Mari kita bangkitkan kesadaran masyarakat, jangan membuang sampah ke laut, ke sungai, drainase, kemudian mereka jadi contoh supaya masyarakat lain bisa peduli dengan lingkungannya,” tandasnya. 


Sementara Camat Balikpapan Barat Suhardi SSos juga mengatakan, apa yang dikatakan Wali kota bahwa Balikpapan produksi sampah plastik yang tertinggi. 

"Program yang ada sekarang ini tetap berkelanjutan, saat ini  yang baru diberi contoh ada 2 RT, ke depannya  Pak Wali kota menuntut berkesinambungan semua sekolah yang di Balikpapan Barat kita masukan sebagai program pengumpulan sampah plastik dari rumah, sehingga masyarakat tidak lagi membuang sampah plastik di sembarang tempat,” kata Suhardi.


"Perlu juga diketahui, Balikpapan Barat selama 5 bulan mengumpulkan sampah yang sudah dicacah sebanyak 20 ton,” ucap Camat. 


Ketua Forum Peduli Lingkungan Pesisir (FPLP) Balikpapan Drs H Arbain Side MM menambahkan, menjadi motivasi tersendiri bagi warga, dihadiri 2 pimpinan yakni Wali kota dan Wawali. 

"Ini memberi motivasi dan semangat kepada kita semua yang melaksanakan kerja bakti. Dan harapan kita bahwa keinginan kita ini apa yang disampaikan  Wali Kota tidak sampai di sini, tapi akan berkelanjutan. Nanti kita akan coba berkoordinasi dengan Pak Camat program ini berkelanjutan, namun semua ini perlu dukungan dari masyarakat agar program berkelanjutan ini bisa berjalan lancar,” harap Arbain. (beny)    
 
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM