Minggu, 02 April 2017

Gaji Honorer Sedikit, Kutim Kekurangan Dokter Umum

Layanan RSUD Kudungga. (baharsikki/kk)
SANGATTA, KABARKALTIM.CO.ID- Kabupaten Kutai Timur (Kutim) terdiri dari 18 kecamatan, dan tiap kecamatan memiliki Puskesmas. Terkecuali Kecamatan Muara Wahau kini punya dua Puskesemas. Bahkan di Kecamatan Sangkulirang  ada Rumah Sakit Pratama, Serta di ibukota kabupaten (Sangatta) ada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga.


Khusus di RSUD Kudungga kata Direktur Anik melalui Kepala Tata Usaha Yusuf, di tempat ia bekerja  saat ini kekurangan dokter umum. Idealnya, RSUD Kudungga tipe B mempekerjakan  12 dokter umum. Dokter umum yang ada di RSUD Kudungga saat ini ada 6 orang. Berarti di RSUD Kudungga masih kekurangan dokter umum 6 orang."Bagaimana ini mau direkrut menjadi tenaga kerja kontrak daerah atau TK2D tapi gajinya dari mana," tanya Yusuf dalam pertemuan penting di ruang Meranti, Kantor Bupati Bukit Pelangi, Senin (3/4/2017).

Selanjutnya, Kepala Dinas Kesehatan Bahrani melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Hariati mennyatakan, pada dasarnya tiap Puskesmas mempekerjakan 2 dokter umum. Hanya saja ada dokter umum melamar untuk mengabdi di Kutim tapi tidak cocok dengan  nilai gajinya. Untuk honorer pekerja administrasi Pemkab Kutim saat ini strata satu (S-1) gajinya Rp 1,2 juta per bulan. Gaji TK2D saat ini masih terlalu kecil . Mereka inginkan gaji dokter umum nilainya lebih besar ketimbang gaji honorer umum." Dokter ini   kan bukan tenaga administrasi umum. dokter adalah pekerjaan profesi. Jadi mereka minta gajinya lebih tinggi," kata Hariati dalam rapat dipimpin Wakil Bupati Kasmidi Bulang.

Terkait besaran gaji  tenaga dokter, Pemkab Kutim telah melakukan penjajakan di Kabupaten Mahakam Ulu. Gaji dokter  di Mahakam Ulu Rp 12 juta er bulan tanpa buka praktik. Acuannya, berdasarkan peraturan menteri kesehatan RI. Gaji Rp 12 juta per bulan itu karena wilayah pengabdiannya masuk kategori  terpencil. Selain gajinya Rp 12 tiap bulan, dokter ini mendapat fasilitas rumah tinggal dan transportasi. Kalau wilayah tempat pengabdi masuk kategori pinggiran itu gajinya hanya Rp 6 juta per bulan bisa buka praktik.

"Kalau besaran gaji  bagi dokter umum yang bertugas di  ibukota kabupaten saya sendiri belum tahu besarannya berapa?. Sejatinya perbandingan penduduk dengan dokter adalah satu banding limaratus jiwa penduduk, " aku Hariati.

Sekadar diketahui, Kutim ini memiliki luas wilayah kurang lebib sama dengan luasan wilayah provinsi Jawa Barat dengan jumlah penduduk lebih dari 543.717 (2015).  Yang kini penduduknya tersebar di 133 desa dan 2 kelurahaan . (ri)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM