Rabu, 08 Maret 2017

Waduk Teritip dan Embung Haji Raden : Harapan PDAM Atasi Defisit Air Baku


Gazali Rachman
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Penyelesaian Waduk Teritip sangat diharapkan banyak pihak, terma suk PDAM Kota Balikpapan. Hingga kini kapasitas produksi air bersih Kota Minyak hanya sanggup di leve l 1.200 liter per detik. 


Adapun kebutuhan masyarakat normalnya sebanyak 1.600 liter per detik atau masih kekurangan 400 liter per detik. Waduk Teritip sedianya sanggup menggelontorkan air bersih sebanyak 250 liter per detik. Walaupun tidak langsung menutupi kekurangan, tetapi paling tidak bisa sedikit mengurangi daftar tunggu di tingkat pelanggan.

"Kita itu berapa pun dapat air baku kita syukuri, paling tidak keluhan di masyarakat bisa berkurang," ungkap Direktur Umum PDAM Gazali Rachman, Selasa (7/3/2017).



Mengenai progres Waduk Teritip, tahun 2017 pemerintah provinsi sedang melakukan lelang terhadap pembangunan Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) yang lokasinya tak jauh dari waduk. 


Jika proses itu lancar pelaksanaanya, Gazali yakin pada tahun 2018 proyek senilai Rp 248 miliar itu bisa dirasakan oleh masyarakat.


"Walaupun tahun ini IPAM jadi dibangun, air waduk harus dikuras terlebih dahulu, karena saat ini masih terkontaminasi akar pohon yang mati. Kejadian ini menyebabkan air menjadi berwarna," katanya. 


Terkait kekurangan air di Balikpapan, selain membangun Waduk Teritip pemerintah sedang memproses pembebasan lahan untuk embung Haji Raden yang lokasinya juga di Balikpapan Timur. (*/beny)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM