Minggu, 19 Maret 2017

Pembom Ikan Masih Marak di Kutim?

Pantai Manubar Sandaran, Kutim. (baharsikki/kk)
SANGATTA, KABARKALTIM.CO.ID- Pelaksana tugas Kepala Dinas kelautan dan Perikanan Ali menyatakan, pengawasan laut di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) sepanjang kurang lebih 152 kilometer persegi masih lemah. Ini dibuktikan dengan meningkatnya pelanggaran hukum di perairan yang berdampak merusak biota laut. Kriminal masih terjadi di wilayah perairan Kutim. Pengeboman ikan masih marak terjadi. Hal ini disampaikan Ali dalam rapat koordinasi di ruang Meranti, Kantor Bupati Bukit Pelangi, Senin (20/3/2017).


Ali mengungkapkan,  lemahnya pengawasan terhadap aktivitas di perairan Kutim membawa dampak negatif terhadap lingkungan, serta mengurangi populasi ikan. Penangkap ikan dengan cara mengeboman merupakan cara tidak benar menurut hukum, karena ikan-ikan kecil pun ikut mati dan belum bisa diambil untuk dimanfaatkan dmei kelahidupan hidup umat manusia.

Oleh karena itu, Dinas Perikanan Kelautan Kutim, kedepan akan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara optimal menggalang komunikasi positif pada semua pemangku kepentingan guna menekan kejahatan di laut. Laut merupakan sumber kehidupan potensial saat ini, dan masa yang mendatang.

Termasuk pembenahan Balai Benih Ikan di Kaliorang. Tempat Pelelangan Ikan (BBI) di Kenyamukan, serta pembenahan Balai Benih Ikan Laut  (BBIL)di Teluk Kabba, Desa Kandolo, Kecamatan Teluk Pandan. Pengelolaan BBI dan BBIL secara baik akan bisa menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Jadi pemerintah tidak hanya melakukan pembinaan terhadap nelayan, tapi selanjutnya bisa menarik PAD dari sana.

Untuk yang ada di Kenyamukan saat ini, itu Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) dibangun Pemprov Kaltim. Untuk TPI   Kenyamukan masih perlu dibenahi. Seperti pula Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sangkulirang. Semua perlu payung hukum berupa peraturan bupati atau peraturan daerah agar pengelolaannya makin jelas. (ri)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM