Maret 24, 2017

PDAM Balikpapan Latihan Safety Fire



Sukono : Program SMK3 Ada di PDAM




Pelatihan safety fire PDAM Balikpapan
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO,ID-PDAM  Kota Balikpapan aktif  mewujudkan Indonesia Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Ini dibuktikan dengan telah diterapkannya Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Hal ini dilakukan PDAM Kota Balikpapan dalam pelatihan Safety Fire diikuti 35 orang karyawan di lingkungan PDAM dari  22-23 maret 2017 di aula PDAM Balikpapan.  

Kabag QHSE Sukono mengatakan pihaknya rutin melakukan simulasi dan pelatihan SMK3. Dalam pelatihan ini pihaknya menggandeng Bina Nusantara Balikpapan. 

"Beberapa program pelatihan SMK3 di antaranya simulasi penanggulangan kebakaran dan tanggap darurat yang melibatkan seluruh karyawan PDAM,” kata Sukuno di sela-sela acara simulasi berjalan di aula lantai 2 Kantor PDAM Balikpapan, Kamis (23/3/2017). 


Disebutkan, simulasi Emergency Respon adalah merupakan program SMK3, salah satu sistem ada di PDAM yakni, Iso 2001 tentang Mutu, Iso 1401 tentang lingkungan, Iso 17025 Laboratirium, kemudian Iso Halal Management halal, yang terakhir ada namanya SMK3. 

”Jadi simulasi tim penanggulangan tanggap darurat ini, salah satu program yang ada di sistem SMK3,” ucap Sukono. 


“Simulasi ini melakukan dril, karena ini syarat dar implementasi SMK3. Karena apa syaratnya adalah bahwa tim itu sudah pernah ikut pelatihan fire dan tim itu sudah ikut pelatihan pertolongan kecelakaan. 2 tim itu dipadukan,jadi disimulasikan seolah-olah ada terjadi kebakaran di lantai 2 kantor PDAM Balikpapan,” ucapnya lagi. 


Dengan adanya program SMK3  di PDAM, tim ini senantiasa siap di dalam penanganan langsung bahaya,. 

"Bahaya itu datangnya tiba-tiba sehingga tim kita yang sudah dibentuk mempunyai sertifikasi dari Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia,yang terkait dengan pemadam kebakaran mereka harus tanggap untuk memadamkan kebakaran apa bila terjadi musibah api dilingkungan kita,” harapnya. (beny)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM