Kamis, 23 Maret 2017

Cegah dan Atasi Kebakaran Merupakan Tanggungjawab Bersama

BONTANG, KABARKALTIM.CO.ID-  Kepala Dinas Pemadam Kebakaran
praktik padamkan api. (baharsikki/kk)
Jadi pencegahan dan mengatasi kebakaran, itu semestinya dimulai dari lingkungan rumah tangga. Oleh karena itu, tiap ada kunjungan murid TK di kantor PMK Bontang yang beralamat di Jl Pierre Tendean, diminta orangtua murid ikut hadir. Murid TK dikenalkan pada profesi kebakaran, dan orangtua mendapat penyuluhan. Ini dilakukan karena keterbatasan anggaran. Kalau dahulu petugas PMK mendatangi kelurahan untuk melakukan penyuluhan. Penyuluhan ke kelurahan se- Kota Bontang selama 5 tahun ternyata tidak tepat sasaran. Karena  yang ikut penyuluhan kebanyakan orang di kelurahan itu sendiri, tapi masyarakatnya banyak tidak tersentuh. 

“Dengan tidak dianggarkannya lagi penyuluhan di kelurahan, maka pembinaan tetap jalan. Yakni melakukan penyuluh kepada orangtua murid TK. Biar efisien dan efektif. Sekali layar berkembang, dua tiga pulau terlampui,” papar Nyoto sesaat mempraktikan cara memadamkan api dengan handuk di halaman kantornya, Kamis (23/3/2017).

Murid TK Al-Iksan praktik menyemprotkan air. (baharsikki/kk)
Nyoto menyatakan, kebakaran bisa disebabkan alam, dan bisa pula penyebabnya manusia. Yang dimaksud kebakaran, adalah api yang tidak terkendali dan menimbulkan kerugian. Kebakaran terjadi karena ada 4 unsur di situ, di antaranya, ada bahan bakar, ada oksigen, dan ada reaksi kimia. Salah satu unsur  sumber kebakaran tidak ada maka dipastikan tidak terjadi kebakaran.

“kalau kebakaran kompor di rumah saat memasak jangan langsung disiram air. Sebaiknya ambil handuk basah, baru tutup kobaran api supaya padam. Juga kalau ada korsleting listrik, dan timbulkan percikan api jangan disiram pakai air, bahaya!. Tapi bergegaslah menurunkan saklar listrik,” ajak Nyoto

Ibu bapak di rumah sebaiknya bisa memasang sendiri selang pipa gas kompor. Ini penting karena siapa tahu mendadak tercium bau karena ada kebocoran gas, maka dengan cepat lepas katup selang di sambungan tabung gas dengan selang, serta  pintu jendela rumah dibuka. Biar udara masuk agar bisa bernapas lega. (ri)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM