Sabtu, 25 Maret 2017

Pawai Taaruf MTQ XIII Kutim Hanya Dimeriahkan 36 Peserta

SANGATTA, KABARKALTIM.CO.ID- Kafilah 18 kecamatan dari 36 peserta tampak ikut
Kafilah Kecamatan Muara Wahau. (baharsikki/kk)
memeriahkan pawai taaruf jelang pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIII Kutim,  Minggu malam (26/3/2017) di Halaman Kantor Kecamatan Teluk Pandan. Pawai taaruf MTQ XIII Kutim 1438 Hijriah tersebut  melintasi Jalan Trans Kalimantan belasan kilometer, tepatnya di Jl. Poros Sangatta –Bontang. Mulai di depan warung-rica-rica wilayah Desa Kandolo sampai di simpang tiga Samarinda-Bontang- Kutim wilayah Desa Suka Rahmat.

Kendaraan hias menyedot perhatian sebagian warga setempat sepanjang rute pawai siar Islam tahunan  pada perayaan hajatan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ).  Dari 36 peserta, ada ormas Pemuda Pancasila, dan Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta tampak antusias gabung meramaikan acara tahunan tersebut. Bukan hanya dari umat beragama Islam tapi juga hadir umat non muslim guna menambah kuatnya tolerasi dalam mewujudkan pelaksanaan Gerakan Pembangunan Desa Mandiri Terpadu (Gerbang Desa Madu).


“Tidak semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah, Red) ikut pawai taaruf.  Yang ada kendaraan hiasnya hanya enam belas OPD. Padahal di Kutim punya lebih tigapuluhan OPD. Belum termasuk instansi vertikal,” Ketua Juri Nanang Gazali saat melaksanakan penilaian terhadap peserta OPD yang melintas di depan Puskesmas Teluk Pandan, Minggu pagi (26/3/2017).

Pawai keagamaan itu dihadiri Bupati Ismunandar, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Mahyunadi, anggota DPRD Burhanuddin, Sekkab Irawansyah, dan undangan terhormat lainnya. “ Yang dinilai juri yakni keseragaman dan keserasian. Dekorasi kendaraaannya. Apa itu mobil atau sepeda motor. Juga alat musik yang dipakai peserta,” tukas Nanang.

Bagi peserta yang memperoleh nilai tertinggi masing-masing diranking satu sampai tiga diplih sebagai jawara, dan berhak mendapat uang pembinaan serta tropi. Nilai uangnya juri belum tahu berapa?. Karena ada dua kategori lomba. Satu untuk peserta dari umum seperti OPD, ormas dan perguruan tinggi. Kedua, untuk pemenang lomba pawai dari kafilah atau peserta MTQ. Pemenangnya diumumkan pada penutupan MTQ pada Minggu (2/4/2017) mendatang.

Menariknya, tiap peserta menghiasi kendaraan beragam bentuk, dengan tulisan kaligrafi arab ukuran bervariasi. Bentuk dekorasi mobilnya ada segi empat dibentuk menyerupai menara masjid. Ada bentuk kakbah hias daun kelapa. Ada pajangan duplikat kitab cusi Alquran terbuka. Ada mobil hias dimodel seperti kuba masjid. Dan lainnya. (ri)



Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM