Rabu, 01 Februari 2017

PADA METERAN PDAM BALIKPAPAN : ADA NOMOR DAN LOGO KHUSUS



Suryo Hadi Prabowo
KASUS pencurian meteran air, sejatinya, bukan kasus baru yang dihadapi PDAM Balikpapan. Meski sudah ada kasus sebelumnya, kali ini pencurian meteran air ini bisa dikatakan sangat mencengangkan. Apa yang terjadi keistimewaan meteran air ini sehingga menjadi barang yang menggiurkan bagi si pencuri? 

Staff Costumer Service PDAM Kota Balikpapan Suryo Hadi Prabowo mengatakan, untuk pengadaan alat meteran air, sejauh ini dilakukan melalui proses lelang setiap tahun. 

“Kali ini, produsen yang menyuplai meteran air kami berasal dari Bandung. Seluruh Cabang PDAM di Indonesia menggunakannya. Meteran ini sudah sesuai dengan standar nasional indonesi (SNI),” jelasnya. 

Suryo membeberkan, sebenarnya, meteran air bermerek Linflow yang dimiliki pihaknya tidak memiliki keistimewaan khusus. Hanya, setiap meter air memiliki kode nomor body sesuai dengan tiap-tiap kota dan logo khusus PDAM di bagian dalamnya. 


“Pada bagian pinggir meteran air terdapat nomor seri body yang menunjukkan wilayah PDAM itu berasal. Di dalamnya juga terdapat logo PDAM Kota Balikpapan sehingga menjadi ciri khusus masing-masing meteran air. Sehingga apabila ada pelaku yang menjual meteran ini ke luar daerah maka aka bisa diketahui bahwa meteran itu hasil curian,“ bebernya. 

Pria berkacamata itu juga mengatakan, apabila modus si pelaku hanya ingin mengambil keuntungan dengan cara menjualnya ke pedagang besi tua ataupun hanya mengambil tembaga di dalamnya, sepertinya tidak sebanding dengan hukumannya yang mungkin akan di peroleh oleh si pelaku pencurian. 

“Saya pikir, jika si pelaku hanya mau menjualnya kembali ke pedagang besi tua untuk dikilokan, sebenarnya hasilnya tidak seberapa, sama halnya jika dijual per biji pun saat ini pedagang loak tidak berani menadah karena takut dengan ancaman hukumannya. Ini makanya yang masih menjadi misteri terkait motif mereka," jelasnya. 

Pihaknya saat ini tidak berani menduga-duga terkait dengan motif apa yang sebenarnya membuat si pelaku mencuri meteran air milik pelanggan. Saat ini, pihaknya lebih fokus untuk segera mengungkap kasus pencurian ini bersama-sama dengan pihak kepolisian. (*/iyo/rsh/k8)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM