Jumat, 24 Februari 2017

M.SOUFAN : RETRIBUSI PASAR POTENSIAL PUNGLI


Penandatanganan Pakta Intgritas disaksikan Tim Saber Pungli
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Tim sapu besih (Saber Pungli ) Kota Balikpapan kembali mengadakan sosialisasi Tentang Pungutan Liar. Rabu (22/02/2017 ) bertempat di pendopo Kantor Dinas Perdagangan ( eks Dinas Pasar -red) ditemani angin sejuk sepoi- sepoi. Ruang Pendopo persis di sebelah Waduk Telagasari Gunung Pasir. 

Yang menjadi target sosialisasi adalah aparatur Dinas Perdagangan mulai dari Satpam (Satuan Pengamanan) pejabat Struktural dan seluruh Kepala UPT Pasar yang ada di Kota Balikpapan. Acara dimulai pada pukul 09.30 Wita molor dari waktu yang dijadwalkan. Diawali sambutan Kepala Dinas Perdagangan M Soufan mengatakan kepala UPT secara manejemen mengurusi pasar secara operasional juga melakukan penagihan retribusi kepada pedagang pasar. 


"Hal inilah yang menjadi perhatian saya karena hal itu sangat rawan dan berpotensi terjadinya hal itu (pungli -red )," kata Soufan. 

Soufan juga mengingatkan seluruh staf Dinas Perdagangan untuk menghindari tindakan Pungli karena merusak sendi kehidupan bermasyarakat serta berbangsa dan bernegara. Oleh sebab itu agar tidak merusak sendi kehidupan bwrmasyarakat maka pelakunya diberikan efek jera. 

"Saya juga berpesan jangan sampai ada berita ada Staf Dinas Perdagangan kena OTT  (Operasi Tangkap Tangan ) karena yang malu adalah instansi tempat kerja, pelaku itu sendiri dan keluarga," kanya. 

Pemateri dari Satgas Saber Pungli adalah Kompol Kifli S Suppu,  adalah anggota Bidang penindakan Saber Pungli Kota Balikpapan. Kilfi  menjelaskan latar belakang berdirinya saber pungli, landasan hukumnya hingga upaya upaya yang yelah dilakukan Tim antara lain adalah dilakukannya sosialisasi kepada aparatur pemerintah. Terutama sosialisasi kepada OPD (organisasi Perangkat Daerah) yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

"Langkah awal kita memberikan edukasi kepada mereka tentang apa itu Pungutan Liar. Sehingga ke depannya mereka memahami dan harapan kami tidak melalukan itu. Kewajiban moral sudah saya jalankan memberikan pemahaman namun toh akhirnya masih menjalankan praktek itu juga maka akan berhadapan dengam Tim Sapu Bersih," ungkap Perwira Melati satu di pundak itu. 

Kifli mengajak kepada para peserta sosialisasi untuk bekerja dengan ikhlas sesuai dengan SOP yang ada. Jaman berubah, mari kita ubah paradigma lama . Yang lalu biarkan berlalu mari kita mulai dengan yang baru. Jangan membenarkan yang biasa tapi biasakanlah yang benar. Acara berakhir pukul 11.30 Wita diakhir dengan pengucapan ikrar fan penandatanganan Pakta Integritas disaksikan oleh Tim Saber Pungli Kota Balikpapan. ( Reporter : SK )
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM