Jumat, 03 Februari 2017

Dukung Seruan Budaya Membaca Sekprov Kaltim

Cerdaskan Masyarakat, Manfaakan ikaltim 


Rusmadi dan Suyoso Nantra
SAMARINDA, KABARKALTIM.CO.ID-Seruan untuk membangun budaya membaca yang disampaikan Sekprov Kaltim DR Rusmadi MS, mendapat dukungan banyak pihak. Melalui akun facebooknya, Sekprov mengajak semua pihak di Kaltim ini untuk membangun budaya membaca. 

"Bangun Budaya Membaca. Membaca mencerdaskan bangsa. Ayo buruan bergabung dengan iKaltim, perpustakaan digital milik kita. Semua," tulis Rusmadi. 

Perpustakaan Kaltim memang menjadi kebanggaan warga di Bumi Etam ini, saat ini sudah memiliki aplikasi ikaltim, sebuah aplikasi digital library atau perpustakan digital. Aplikasi digital perpustakaan Kaltim in sudah dikenalkan ke semua lapisan masyarakat Indonesia maupun mancanegara. 


"Ajakan Pak Rusmadi selaku Sekprov Kaltim perlu didukung kita semua. Cerdaskan semua lapisan masyarakat, melalui budaya membaca. Dengan membaca menambah wawasan dan ilmu. Membaca mewujudkan generasi yang cerdas dan itu sangat penting bangsa dan daerah ini," urai penasehat kabarkaltim Suyoso Nantra SSos MM yang aktif mendukung program-program pemerintah provinsi, Sabtu (4/2/2017).

"Era digital saat ini, memang harus melek dunia IT. Sangat tepat terobosan yang dibuat, perpustakan digital Kaltim, semua orang mudah dan cepat mengakses buku-buku bacaan," imbuh Suyoso Nantra. 

Untuk informasi Gubernur Kaltim Awang Faroek sudah mengenalkan ikaltim yang merupakan bagian dari cyber Kaltim, program ini untuk mencerdaskan rakyat Kaltim. Menurut Awang, saat ini sudah memasuki era digitalisasi yang banyak memanfaatkan teknologi untuk memperoleh informasi dan pengetahuan. Sehingga, Pemprov Kaltim berupaya mengembangkan aplikasi digital library atau perpustakaan digital "iKaltim" agar dapat membantu masyarakat Kaltim mengakses informasi dengan mudah dan cepat.  

Aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone maupun internet yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat di seluruh Kaltim, bahkan di 132 negara. Aplikasi ikaltim adalah aplikasi perpustakaan digital yang dapat dibaca secara gratis. Sudah ada ribuan buku yang dapat dibaca secara gratis melalui handphone dengan mendownload aplikasinya di playstore. 

Ribuan buku yang terdapat di aplikasi "ikaltim" merupakan sumbangan dari perpustakaan Gubernur Kaltim, Wakil Gubernur Kaltim, Sekda prov Kaltim, Gramedia, Indosat, Kadin Kaltim dan Badan Perpustakaan Kaltim. 

"Terobosan di era digitalisasi ini, perlu ditiru kabupaten/kota di Kaltim. Melalui perpustakaan masing-masing di kabupaten/kota perlu adanya perpustakaan digital, hingga mudah diakses masyarakat," tegas Suyoso Nantra. (tw)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM