Jumat, 24 Februari 2017

406 Siswa SMPN 5 Siap Ikut UNBK


Puguh Birowo (beny/kk)

                 
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Sejumlah sekolah dari tingkat SMPN/SMAN/SMK  di Balikpapan "mengebut" persiapan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada tahun 2017 agar bisa berjalan dengan lancar. 
"Kami optimistis bisa melaksanakan UNBK tahun ini dengan lancar. lagi. Apalagi ini adalah kali keduanya kami menggelar ujian CBT (computer based test)," kata Kepala SMP Negeri 5  Puguh Birowo SPd MPd,    Jumat (24/2/2017). 

Persiapan yang dilakukan sekolah untuk melaksanakan UNBK 2017, kata dia, sejauh ini sudah mencapai 99 persen dengan jumlah perangkat komputer yang dimiliki sebanyak  50 unit dan sebanyak 6 unit  server  4 yang digunakan 2 buat cadangan. 


”Sebenarnya kami membutukan  komputer sekitar 150 unit,yang mana kekurangan jumlah komputer yang kami miliki, nanti kita pinjam sebagian kita sewa,". 

Ia menyebutkan jumlah siswa peserta UNBK pada tahun ini sebanyak 406 orang yang akan dibagi dalam tiga shift. “Dengan pelaksanaan UNBK, tentu peserta ujian akan lebih mandiri dan jujur. Secara operasional juga lebih efektif dan hemat. Selain itu sekolah juga telah menyiapkan perangkat genset untuk mengantisipasi jika listrik padam . Demikian pula kami juga melakukan beberapa persiapan UNBK yang dijadwalkan pada Mei mendatang, seperti kesiapan perangkat komputer, "server", hingga simulasi pelaksanaan UNBK,” tandas Puguh. 

Pelaksanaan UNBK bisa menekan tingkat kecurangan dalam ujian karena langsung menggunakan komputer dan mencegah kebocoran soal dibandingkan dengan ujian secara tertulis.

”Untuk penyelenggaraan UNBK tahun ini, harus tersedia sebanyak 150 unit komputer yang akan digunakan untuk ujian, terbagi dalam tiga "shift. “Sementara itu, SMP Negeri 5  hanya memiliki 50 unit, untuk menambah kekurangan  perangkat komputer sebanyak 100 unit untuk pelaksanaan UNBK tahun ini, kita harus pinjam dan sebagian diswa sehingga memenuhi target,”nucapnya.

"Ya, harapan kami tidak ada pemadaman listrik. Memang kami sudah punya genset, tetapi kalau listrik mati kan untuk menghidupkan genset juga membutuhkan waktu," tutup Puguh.(beny)
                                                                                                                                                                                          
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM