Selasa, 31 Januari 2017

Warga Sangatta Selatan Keluhkan Bau Kandang di Pemukiman

Hasdiah, SE (baharsikki/kk)
SANGATTA, KABARKALTIM.CO.ID- Camat Sangatta Selatan Hasdiah menyampaikan keluhan warganya dalam rapat koordinasi yang dipimpin Wakil Bupati Kasmidi Bulang di ruang Meranti, Setkab Bukit Pelangi, Senin (30/1/2017). “Warga Sangatta Selatan banyak mengeluh karena banyak ternak kandangnya di tengah pemukiman penduduk. Bau kandang itu tidak enak dicium. Untuk kepada instansi berwenang sebaiknya mengambil langkah  tepatuntuk melakukan penertiban,” harap Hasdiah optimistis.

Hasdiah menjelaskan, di wilayah pemerintahannya ada penduduk memelihara ayam, dan kandangnya di tengah pemukiman. Juga ada ternak babi yang kandangnya dekat patung burung kilometer 1 jalan poros Bontang-Sangatta. Bau kandang babi itu menyebar sampai kepemukiman penduduk. Dan, ini dikeluhkan masyarakat setempat. “Ini laporan dari masyarakat. Mohon ditindaklanjuti,” kata istri Kepala Bidang Peternakan Distanak Kutim.


Kelaikan  keberadaan kandang mesti diperhatikan.  Dampak lingkungan perlu pula menjadi perhatian sungguh-sungguh agar  warga di sana hidup sehat. Karena kalau dibiarkan kondisi itu larut, maka sudah pasti warga di sekitar kandang ternak tersebut merasa terganggu mencium bau tidak enak itu. Apalagi motto, Sangatta tercinta (ceria, indah, nyaman dan takwa, Red) harus diwujudkan.

Penataan kandang ternak yang layak bagi kesehatan perlu segera dilaksanakan. Karena kalau tidak, ini bisa-bisa menimbulkan gejolak sosial di tengah masyarakat. “Mungkin ada bagusnya, bila kandang-kandang ternak milik masyarakat tidak didirikan di tengah pemukiman warga. Kandang ternak dibangun pada lokasi yang strategis, aman dari  gangguan kesehatan,’ pintanya. (ri)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM