Rabu, 25 Januari 2017

Warga PDKT Jangan Minder

Disambut upacara adat Dayak. (baharsikki/kk)
SANGATTA, KABARKALTIM.CO.ID- Ketua Persekutuan Dayak Kaltim-Kaltara Syaharie Ja'ang menyampaikan yel-yel penyemangat diawal sambutan dalam Musyawarah Cabang (Muscab) III PDKT Kutim yang dilangsungkan 26-27 Januari 2017 di ruang Akasia, Gedung Serbaguna, Komplek Perkantoran Bukit Pelangi, Kamis (27/1/2017).

"Kalau saya katakan Dayak, jawab bersatu. Kalau saya katakan Dayak, silahkan jawab maju. Dan kalau saya katakan PDKT, silahkan jawab jaya," ucap Syaharie Ja'ang di hadapan Bupati Ismunandar, Sekkab Irawansyah, dan ratusan warga PDKT.


Untuk jayanya, Persekutuan Dayak Kalimantn Timur (PDKT), menurut Syaharie Ja'ang,merupakan tanggungjawab semua warga Dayak. Bukan hanya menjadi tanggungjawab para fungsionaris organisasi PDKT.  Tapi itu merupakan tanggungjawab bersama. Warga Dayak harus mampu mennunjukan jati dirinya dengan masyarakat lainnya. Orang Dayak jangan minder. Warga PDKT harus berupaya cerdas beraktivitas dalam semua line kehidupan yang baik dan benar.

Orang kalau mau maju harus seperti warga Batak. Bila diberi amanah, mereka (Batak, Red) langsung katakan siap.. Beda dengan Dayak, kalau diberi amanah, biasanya berkata, "kalau masih ada yang lain, itu saja. kami belakangan saja," tutur Syaharie Ja'ang. sesaat Bupati Kutim Ismunandar membuka Muscab III PDKT ditandai pemukulan gong.

Kalau warga PDKT  berpikir seperti ini terus, kapan majunya. Justru kalau warga Dayak mau maju seperti orang lain, mestinya harus terus membenahi diri, belajar dan menimbah pengalaman sebanyak-banyaknya. Silahkan tambah pengalaman lewat organisasi. Bekali diri dengan keterampilan agar bisa bersaing hidup sehat  di tengah masyarakat heterogen.

Sebelumnya, Ketua PDKT Kutim Indra Benge menyatakan, orang Dayak harus punya kekuatan agar bisa menjadi sekuriti di lingkungan masing-masing. Mari berlomba-lomba berbuat baik membangun Kutim agar tidak dilecehkan pihak lain. Apalagi, PDKT merupakan wadah pembinaan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dengan prinsip di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung.

Untuk itu melalui Muscab III PDKT Kutim  bertema, memupuk rasa persaudaraan keluarga dan bersamaan di tengah masyarakat Dayak, serta menjaga keutuhan kebhinnekaan secara nasioanl, diharapkan dapat terselenggara dengan baik sesuai agenda yang telah disepakati. (ri) 
 


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM