Minggu, 29 Januari 2017

77 Kades Kutim Dilantik Serentak 17 Februari 2017

Syaifudin. (baharsikki/kk)
SANGATTA, KABARKALTIM. CO.ID- Dijadwalkan 77 kepala desa (Kades) terpilih dilantik serentak di ibukota kabupaten (Sangatta, Red) pada Jumat (17/2/2017) mendatang. Ini demi efisiensi dan efektivitas sebagai imbas pemangkasan Rp 1,5 triliun dari Rp 3.4 triliun dana perimbangan yang ditransper pemerintah pusat masuk ke dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kutim.

"Karena anggaran kurang, maka pelantikan kades terpilih dilantik serentak di kabupaten. Jadi Kades tidak jadi dilantik per zone. Karena usai pelantikan bakal ada pembekalan tentang program Gerbang Desa Madu," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Syaifudin sesaat rapat koordinasi pejabat Pemkab Kutim, Senin (30/1/2017).

Terkait dengan dana pelantikan Kades, menurut  Syaifudin, itu sudah satu paket dengan dana pemilihan kepala desa (Pilkades). Masing-masing  dana Pilakdes sudah dialokasikan. Yang perlu dikoordinasikan, adalah mengenai besaran dana yang diperlukan untuk tiap Kades. Karena sebelim pelnatikan, ada beberapa yang perlu disiapkan.


"Kades yang bakal dilantik harus punya pakaian seragam kebesaran. Ini yang segera dijahit, serta lengkap lambang-lambangnya," tukas Syaifudin.

Juga, dalam rangkaian acara pelantikan  Kades akan digelar bimbingan. Jadi bukan hanya Kades baru yang mendapat pembekalan, tapi juga Kades lama. Pembekalan ini dimaksud agar pemerintahan di level desa bersinergi dengan pelaksanaan program pembangunan sesuai visi misi Bupati Ismunandar dan Wakil Bupati Kasmidi Bulang.

Utamanya, realisasi janji Ismunandar- Kasmidi Bulang sewaktu kampanye Pilkada dahulu. Bahwa tiap desa akan menerima alokasi dana pembangunan antar Rp 2 miliar sampai Rp 5 miliar per tahun. Pemahaman ini perlu disinkronkan agar arah pembangunan semakin jelas, dan membawa manfaat. Namun sebelum tiba hari- H pelantikan, maka BPMPD menjalin komunikasi terlebih dahulu untuk membentuk panitia. Panitia pelantikan Pilakdes ini bertugas menyusun agenda kegiatan secara baik. Siap-siapa saja yang diundang, dan siapa-siapa yang akan memaparkan materi pembekalan. (ri)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM