Kamis, 26 Januari 2017

4 Tugas Pokok Kelurahan, Camat Haemusri : Lurah Wajib Lapor Kegiatan ke Camat


BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Kecamatan Balikpapan Selatan sementara melakukan konsolidasi mengenai  PP 18.2016 tentang organisasi perangkat daerah.
Dimana sebelumnya Kecamatan dan Kelurahan SKPD sekarang mulai 1 Januari 2017 kelurahan menjadi perangkat kerja kecamatan. "Jadi semua anggaran kegiatan itu ada di Kecamatan,” kata Camat Balikpapan Selatan.Haemusri Umar di ruang kerjanya, Kamis (26/1/2017).

Haemusri Umar (beny/kk)

Kecuali tugas lurah ada 4, yang wajib adalah Operasional RT (DO), berkaitan dengan musrenbang, SPGRM dan keempat yaitu PKK,  itu semua urusan kewajiban lurah. Keempat hal ini yang harus dijalankan oleh masing-masing lurah. 

”Sedangkan non urusan diambil alih Kecamatan, seperti perawatan gedung, kebersihan serta ATK semuanya ada di Kecamatan, Lurah hanya bermohon ke Kecamatan,” kata Haemusri.


Munurutnya, pihaknya sementara menata struktur organisasi, Kecamatan dan Kelurahan sesuai perwali no 57 Tahun 2017.



Intinya 4 urusan wajib yang harus dilaksanakan sesuai dokumen anggaran kegiatan kelurahan, untuk non urusan itu dilaksanakan oleh Kecamatan dan Kelurahan. Tugas tambahan itu adalah bagian daripada tupoksi  lurah dan seluruh perangkatnya. "Contohnya monitoring lingkungan itu tugas pokok kemudian menangani administrasi umum. Administrasi pemerintahan, proses pelaksanaan kegiatan kemasyarakatan yang sifatnya pembangunan,gotong royong.semua itu tugas wajib yang harus dilaporkan seorang lurah,” ucapnya.



"Kita pihak Kecamatan monitorng kegiatan-kegiatan itu. Sehingga kita harapkan ada kerjasama partisipasi masyarakat dalam pembangunan kerena kondisi keuangan terbatas kami mengharapkan bersirnegi antara pemerintah dan pelaku usaha,” kata dia. 

Perlu juga diketahui setiap lurah yang ada di Kecamatan wajib melaporkan setiap kegiatan yang ada di kelurahan kepada Camat. "Camat yang bertanggung jawab secara organisasi perangkat daerah kepada 7 kelurahan yang ada di Kecamatan Balikpapan Selatan,” tutup Haemusri. (beny)   
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM