Desember 23, 2016

Petani PPU Mendapat Bantuan Alsintan

PENAJAM,KABARKALTIM.CO.ID,-Petani Penajam Paser Utara (PPU) mendapatkan lagi bantuan alat mesin pertanian (alsintan) Combain Halvester sedang atau alat panen padi, bantuan dari pemerintah pusat sejumlah 22 unit.
 
Alsintan diserahkan di halaman gudang alsintan Kantor Ketahanan Pangan di Petung, Selasa (21/12/2016). Secara simbolis bantuan alsintan diserahkan Bupati Kabupaten PPU yang diwakilli oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ahmad Usman. Turut hadir Kepala Dinas Pertanian Joko DF, Kepala Ketahanan Pangan Surito, dan Perwakilan Dandim 0913 PPU.

Joko menyampaikan pemerintah pusat luar biasa memperhatikan pertanian di PPU. Bantuan yang diberikan, menurutnya, sungguh sangat besar. Dia berharap bantuan-bantuan yang sudah ada bisa dikolaborasikan dalam brigade dan nanti pihaknya akan duduk bersama karena birigade yang ada belum optimal dan belum jalan sesuai SOP.


“Di PPU ada 1300 traktor tangan dengan luas tanam 10.000 ha dengan perbandingan 1 traktor untuk 10 ha. Ini sudah ideal. Harusnya tidak ada keluhan lagi soal pengelohan lahan. Kemudian brigade panen sejumlah 58 unit sehingga diharapkan petani ketika panen tidak lagi menggunakan sabit. Termasuk juga alat tanam, ada juga alat tanam yang ditarik dan ini mulai disukai petani. Diharapkan petani menanam dengan menggunakan sistem jajar legowo dan mau meninggalkan tabela cara tanam lama,” tegas Joko.

Ke depannya  akan ada unit pelaksana teknis (UPTD) alat pertanian yang bekerjasama dengan SMKN3 PPU jurusan mekanisasi pertanian. Di situ akan ada perawatan dan pemeliharaan sehingga diharapkan tidak ada peralatan yang rusak tidak dapat digunakan.
Ahmad Usman dalam sambutannya menyampaikan PPU sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan pemerintah pusat. Bantuan ini bisa ada karena PPU mempunyai potensi lahan yang luas dan para petani konsisten menanam padi.

“Kami berharap kepada para penerima bantuan dapat menggunakan alat ini dengan semestinya. Jaga dan rawat agar penggunaan alat ini bisa lama. Kepada pengelolah alsintan yang menerima harus membuat administrasi laporan tertulis. Nanti dari hasil laporan itu kita bisa lihat berapa hasil peningkatan panen setelah menggunakan alsintan,” katanya.

Tekad, Ketua Kelompak Tani Sido Mekar Desa Gunung Mulia Kecamatan Babulu yang menerima bantuan, menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan. “Bantuan ini untuk membantu panen, di mana setiap kali panen yang bersamaan kita sangat kekurangan tenaga kerja dan akibat terlambat panen mengurangi mutu padi yang dihasilkan. Diharapkan dengan bantuan alsintan ini panen yang dihasilkan bisa sesuai mutu, nilai jual juga bagus dan meningkatkan kesejahteraan kami,  sehingga kami tidak lagi tergoda untuk mengganti lahan kami dengan sawit,” ujarnya.(hmd)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM