Desember 26, 2016

Minat Baca Tinggi, Akhir Desember Kunjungan ke Perpustakaan Mencapai 33.967

Peran Duta Baca dan Bundaku Baca Kota Balikpapan 


Duta Baca Kota Balikpapan Wali Kota Rizal Effendi
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Kepala Arsip dan Perpustakaan Kota Balikpapan, Hendrik MMPd, bersama jajarannya telah menyiapkan program-program untuk dilakukan di tahun 2017. Program kerja meliputi bidang arsip maupun perpustakaan, dimana sepanjang 2016 ini menunjukkan hasil baik, dilihat dari pemustaka yang melonjak drastis. Hendrik mengakui, lonjakan drastis pemustaka di Kota Balikpapan tak lepas dari peran Duta Baca Kota Balikpapan dan Bundaku Baca Kota Balikpapan yaitu Rizal Effendi dan Arita Rizal Effendi. 



"Pemustaka itu yang sudah menjadi anggota atau memiliki kartu anggota di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Balikpapan. Lonjakan drastis untuk jumlah pemustaka di kota ini, minat baca warga tinggi. Itu tak lepas dari peran Wali Kota Pak Rizal Effendi yang menjadi Duta Baca, dan juga Ibu Arita  yang menjadi Bundaku Baca Kota Balikpapan," terang Hendrik kepada media ini, saat open house Natal di kediaman Hendrik, Sepinggan Balikpapan Selatan. 

"2 tahunterakhir ini pengunjung meningkat 300 persen. Pemegang kartu anggota pun meningkat tajam, bisa jadi malah kami kekurangan stok untuk kartu," imbuh Hendrik. 

Disebutkan, jumlah kunjungan tahun 2014 mencapai  9.277, saat ini yaitu akhir Desember 2016 sudah mencapai 33.967. "Dan itu meningkat tiap hari. Kami pantau minat baca warga tinggi, dari anak-anak hingga kalangan dewasa memanfaatkan fasilitas yang ada di perpustakaan. Penting untuk menambah wawasan dan ilmu dengan membaca," urai Hendrik. 

Mengenai program kerja? Dia menjawab, di tahun 2017 untuk perpustakaan, pihaknya menyediakan konten perpustakaan digital Balikpapan, menambah koleksi buku, ebook dan jurnal, akses katalog online dan pendaftaran sistem online. "Termasuk pengembangan web dan software perpustakaan," beber dia. 

sementara mengenai arsip, pihaknya mengembangkan sistem informasi kearsipan dinamis (SIKD), jaringan informasi kearsipan nasioanl (JIKN) sebagai simpul jaringan ANRI, digitalisasi yaitu penyelamatan arsip secara digital dan disperal dan juga pengawasan kearsipan yakni kerja sama dengan Inspektorat dan Satpol PP Kota Balikpapan. (tim kk) 
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM