Selasa, 08 November 2016

PUTRA TERBAIK DARI SELATAN


WUJUDKAN TEROBOSAN DAN INOVASI TIADA HENTI DEMI MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT


CATATAN : HAMARUDDIN 

Yusran Aspar sosok Pemimpin yang Visioner
Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi terkaya yang berada di pulau Borneo. Sumber daya alam yang melimpah, memerlukan pengelolaan dan sumber daya manusia yang memadai sehingga dapat mengoptimalkan sumber daya alam yang tersedia tersebut.

Walaupun Provinsi Kaltim memiliki sumber daya alam yang melimpah, permasalahan ekonomi, sosial dan lingkungan masih sering terjadi di wilayah ini. Salah satunya adalah masalah infrastruktur jalan yang masih banyak terisolir, penyediaan air bersih di daerah terpencil, krisis listrik, masalah pertanian dan irigasi, banjir, kesehatan, serta pembenahan di dunia pendidikan dan masalah lainnya yang memerlukan sentuhan seorang pemimpin yang visioner untuk membangun Provinsi Kaltim yang jauh lebih baik ke depan.

Dengan melihat kondisi seperti ini, pemimpin atau Gubernur Kaltim yang akan datang sepertinya perlu mencontoh apa yang telah dilakukan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) di bawah kepemimpinan Yusran Aspar. Karena karir Yusran dalam pembangunan dan pelayanan publik menunjukkan kerja yang cepat di tengah kondisi keuangan sedang mengalami defisit atau tidak sehat, dalam pembangunan infrastruktur di tahun 2014 ia membentuk Unit Pelayanan Terpadu Dinas Pekerjaan Umum (UPT-PU) yang ada di masing-masing kecamatan yang ada di PPU dan langsung bekerja  menangani permasalahan seperti pembangunan jalan baru yang terisolir, drainase, tanah longsor, irigasi sawah, hal ini dilakukanya tanpa alasan karena hal ini merupakan kebutuhan mendesak yang merupakan kunci keberhasilan dalam memperbaiki ekonomi desa/kelurahan, tanpa lelang proyek, dan tanpa APBD dan tidak  melalui proses administrasi yang terbelit-belit yang kerap membuat usulan masyarakat itu menguap di tengah jalan.

Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas, serta Kerja Jema'ah, Yusran berserta jajaran Pemkab PPU selain hal yang tersebut di atas, ia juga terus membuat terobosan dan inovasi yang tiada henti untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di antaranya Ambulan Desa yang dibagikan di tiap-tiap desa maupun kelurahan yang mana dengan cepat dan tanggap dapat melayani masyarakat yang sakit tanpa menunggu lama untuk di bawah ke rumah sakit. Selain itu Yusran Aspar juga membangun pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS bersma Kementerian Sumber Daya Energi dan Mineral untuk desa yang belum terjangkau jaringan listrik PLN.

Invosasi dan ide serta kebijakan Yusran tidak sampai di situ. Ia juga membangun instalasi pengolahan air bersih atau Water Treatment Process (WTP), yang tidak jauh dengan UPT-PU yang telah ada di tiap-tiap kecamatan, dan masyarakat dalam satu kelompok dapat mengusulkan kebutuhan air bersih di masing-masing WTP. Dan untuk kesejahteraan masyarakat khususnya petani maupun perkebunan dengan inovasinya dan idenya ia menggagas sawit rakyat sejak tahun 2005 lalu yang kini terus berkembang dan sangat dirasakan oleh masyarakat, salah satu buktinya salah satu masyarakat Desa Sesulu, Usmansyah yang merasakan manfaat sawit rakyat di mana dengan hasil sawit tersebut ia biasa menyekolahkan anaknya hingga jenjang perguruan tinggi dan sekolah kepolisian.
Program penyertaan modal kepada BPR Ibadurahman guna meningkatkan aksebilitas masyarakat petani berupa kredit UMKM dengan bunga 4% berupa modal usaha dia lakukan sejak tahun 2004 di awal periode pertama ia menjabat Bupati PPU dan merupakan hal yang wajar jika dia digelari Bapak UMKM. Masih banyak lagi hal yang perlu dilakukan untuk pemimpin Kalimantan Timur ke depan. Siapapun  yang memimpin, perlu mencontoh apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten PPU, kredit padi, kredit jagung dan kedele, dengan bunga rendah 4% untuk membantu operasional alsintan, pembelian pupuk serta obat-obatan pertanian.

Kompor rakyat dengan memanfaatkan buah sawit kering yang melimpah di Provinsi kalimantan Timur tercinta ini, diharapkan jika konsep ini dipakai oleh pemimpin Kaltim ke depan akan mampu mensiasati kebutuhan bahan bakar minyak bumi dan LNG yang terus meningkat dan tidak dapat diperbaharui, bekerjasama dengan PT Bayu Lancar Unggul Engginering yang mendesain kompor rakyat berbahan bakar buah sawit tersebut.

Demi kesejahteraan masyarakat Yusran Aspar juga telah memberikan bantuan peternakan sapi 1.000 ekor pertahunnya dengan pola integrasi sawit, dan pembanguna apaterment ikan dan penggunaan teknologi bagi nelayan untuk meniningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan demi meningkatkan hasil tangkapan.

Semoga kedepan pemimpin baru di Kaliamantan Timur ini dapat mencontoh apa yang telah dilakukan oleh Pemkab Kabupaten PPU di bawah kepemimpinan Yusran Aspar demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat jauh lebih baik di tahun-tahun yang akan datang.

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM