Rabu, 12 Oktober 2016

Yusran Aspar : Humas adalah Corong Pemerintah

SKPD Harus Terbuka Jika Informasi Dibutuhkan

 

Yusran Aspar bersama bagian Humas Sekretariat Pemkab PPU
PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID – Keberadaan Bagian Humas Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam sistem Pemerintahan, merupakan corong terdepan dalam menyampaikan program-program pembangunan dan sekaligus sebagai penampung aspirasi dari masyarakat. Dengan kata lain, Bagian Humas merupakan jembatan penghubung yang mempertemukan kepentingan pemerintah dan masyarakat.
 

Oleh karena itu humas harus selalu berusaha melakukan tugas dan fungsinya dengan menjalin komunikasi yang efektif dan intens, baik dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah ( SKPD), wartawan dan masyarakat dalam mengelola informasi. Misalnya saja dengan menggelar wawancara di tiap SKPD, untuk menyampaikan informasi pembangunan kepada masyarakat melalui media masa di wilayah Kabupaten PPU.

“Untuk itu, semua SKPD juga harus terbuka khususnya pada humas ataupun media masa, sehingga  informasi yang ada dapat disampaikan kepada masyarakat luas. Saat ini adalah era keterbukaan informasi bagi publik, oleh karena itu jika bagian humas atau wartawan ingin mencari informasi, seluruh pejabat atau SKPD harus siap memberikan informasi yang ada khususnya terkait cakupan kerja mereka,“ ungkap Bupati PPU, Yusran Aspar dalam suatu kesempatan. 

Dikatakan Yusran, humas adalah corong pemerintah. Informasi apa yang sesungguhnya dibutuhkan masyarakat, humas harus tahu hal itu. Sehingga bagian ini harus berusaha memenuhi apa yang diinginkan masyarakat maupun elemen masyarakat, seperti tokoh masyarakat, tokoh agama atau organisasi masyarakat lainnya.
 

“Oleh karena itu, bagian ini harus selalu aktif untuk menggali informasi baik di lingkungan pemerintahan maupun masyarakat kabupaten PPU,“ harapnya.
Sementara itu saat dikonfirmasi Kepala Bagian Humas Setkab PPU, Sardi, mengatakan selama ini pemerintah PPU menganggap wartawan sebagai partner dalam mempubliskasikan informasi pembangunan ke masyarakat. selain merangkul wartawan, juga membuka sarana komunikasi dengan masyarakat seperti melalui media online website dan facebook humas.
 

“Humas harus punya prinsip kejujuran, menarik perhatian dan etika sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung baik secara internal maupun eksternal kepada masyarakat. Apabila masyarakat sudah dapat merasakan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan, artinya tugas humas sebagai corong pemerintah bisa dikatakan berhasil,” ujarnya. (Humas6)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM