Rabu, 05 Oktober 2016

Tapal Batas Kutim-Kukar Belum Tuntas

Kasmidi Bulang. (bahar sikki/kk)
SANGATTA, KABARKALTIM.CO.ID- Semangat pemekaran Kabupaten Kutai Utara  (Kutara) dari induk Kabupaten Kutai Timur (Kutim) terus disuarakan. Bupati Kutim Ismunandar beseta rombongan berangkat ke Jakarta menemui Majelis Permusyawatan Rakyat  Republik Indonesia (MPR RI) pada Rabu (3-5 Oktober 2016) untuk berjuang agar pembentukan Kutara segera terealisasi.


Di saat bersamaan Wakil Bupati Kasmidi Bulang memimpin rapat koordinasi di lantai 1 ruang Meranti, Kantor Bupati, Bukit Pelangi guna membahas beberapa program.  Di antaranya, upaya percepatan pemekaran Kutara. “Ada laporan yang saya terima dari warga, bahwa di wilayah Kecamatan Muara Bengkal masih ada klaim tapal batas antar Kutim dan Kutai Kartanegara. Ini seperti apa di sana,” tanya wakil bupati Kutim kepada Camat Suwandi.



Suwandi mengungkapkan, senketa tapal batas Kutim-Kukar memang belum tuntas. Wilayah  yang diklaim itu, kalau masuk Kutim kini berada di Desa Mulupan, Kecamatan Muara Bengkal. Tapi kalau masuk wilayah Kukar, itu berada di Desa Selulang. Luasan lahan yang diklaim ini 1.700 hektare. Lokasi tersebut kini masuk areal perkebunan PT Palma. “Ini salah satu kendala sehingga Peraturan Menteri Dalam Negeri atau Permendagri belum ditangatangani soal tapal batas Kukar- Kutara tersebut. Dengan alasan warga di dua kabupaten bertetangga ini belum hidup rukun berdampingan,” beber  mantan camat Karangan itu.


Kalau garis tapal batas ditarik lurus versi Kukar menurut Suwandi,  maka ada warga Desa Mulupan kena rumahnya bagian belakang. Dan, Kutim kehilangan lahan sekira 300 hektare. Intinya ada kebun kelapa sawit PT Palma di sana, dan lahan itu masuk kebun pola kemitraan (plasma). Komunikasi intensif  pihak terkait untuk menyelesaikan klaim mengklaim tapal batas Kutim-Kukar  harus terus dibangun guna menghentikan gejolak sosial kemasyarakatan.  (ri)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM