Selasa, 04 Oktober 2016

PR, Pelabuhan Kenyamukan Launcing Mei 2017?

Kasmidi Bulang. (bahar sikki/kk)
SANGATTA, KABARKALTIM.CO.ID- Ini pekerjaan rumah (PR) bagi instansi terkait dalam menuntaskan  pembangunan proyek  pelabuhan Kenyamukan di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), proviinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Pasalnya, masih ada lahan milik warga peruntukan jalan darat penghubung ke arah pelabuhan Kenyamukan sepanjang 600 meter masih dalam proses penyelesaian sengketa pembebasan.

Bahkan, dalam perjalanan proses pembebasan lahan untuk jalan penghubung dari Kota Sangatta – pelabuhan  Kenyamukan sempat menyeret nama Ismunandar selaku tersangka oleh Polda Kaltim ketika waktu itu menjabat sebagai Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kutim bersama Ardiansyah selaku kepala Dinas Tata Ruang dan Pengendalian Lahan, Erliansyah selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), serta Kasmo selaku kepala Desa Sangatta Utara. Karena para tersangka tersebut diduga korupsi merugikan negara miliaran rupiah.  


Namun khusus kasus Ismunandar  diterbitkan Surat Pemberhentian Penyelidikan Perkara (SP3) sewaktu jelang Pilkada Kutim. Karena Ismunandar sendiri masuk bursa calon bupati Kutim. Dan, kini Ismunandar terpilih menjabat Bupati Kutim periode 2016-2021.

Dalam rapat koordinasi, Senin (3/10/2016) di ruang Meranti, Kantor Bupati, Bukit Pelangi,  Wakil Bupati Kasmidi Bulang mengatakan, pelabuhan Kenyamukan di-launcing, Mei 2017. Pelabuhan Kenyamukan difungsikan tahun depan untuk angkutan penumpang rute Surabaya – Makassar – Kenyamukan – Tarakan. “Pekerjaan jalan darat penghubung yang belum tuntas supaya segera diselesaikan,” tegas Kasmidi Bulang.

Dengan difungsikannya pelabuhan Kenyamukan mulai Mei 2017 mendatang, wakil bupati Kutim berharap, akses transportasi bila lebih lancar. Perekonomian masyarakat di daerah ini bisa tumbuh lebih signifikan. Oleh karena segala kebutuhan penunjang berkaitan dengan lancaran difungsikannya pelabuhan Kenyamukan segera dibenahi.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Johansyah Ibrahim mengatakan, pelabuhan Kenyamukan masuk dalam pembangunan tol laut  paket 8-9 Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Tol Laut paket 8 -9 tersebut rencana difungsikan sekira 2018 mendatang. “Terkait masalah lahan di Kenyamkukan. Sudah dua tahun proses penyelesaian, tapi sampai saat ini belum tuntas. Padahal sisa panjangnya enam ratus meter saja,” ungkap Johansyah Ibrahim.

Pelabuhan Kenyamukan nantinya untuk layanan kontainer, cargo dan penumpang. Untuk itu, penyelesaian proyek menghabiskan dana ratusan miliar tersebut sebaiknya segera dibereskan. Semakin cepat selesai pekerjaan pembangunan, maka makin baik pula. Karena kalau dibiarkan, kualitas bangunan dermaga bisa susut termakan waktu. (ri)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM