Selasa, 04 Oktober 2016

Ketua DPRD : Pinjam atau Menarik Hasil Divestasi Saham KPC

Mahyunadi.(bahar sikki/kk)
SANGATTA, KABARKALTIM.CO.ID- Proyek pemerintah di lingkup Pemkab Kutim menurut Ketua DPRD Mahyunadi sebagian sedang dikerja. Sementara APBD Kutim 2016 ini  transfer Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat dikurangi senilai Rp 1,5 triliun dari proyeksi anggaran Rp 2.6 triliun.

Hal ini membuat Pemkab Kutim harus putar otak mencarikan solusi pembiayaan pembangunan di daerah yang berusia 17 tahun, tepat, Rabu, 12 Oktober 2016 setelah dimekarkan dari induk Kabupaten Kutai berdasar Undang-Undang Nomor 47 Tahun 1999.

"Sebenarnya ada opsi pilihan, untuk menutupi biaya pembangunan akibar defisit anggaran. Caranya kita lalukan pinjam . Ataukah dana hasil divestasi penjualan saham Pemkab di KPC (Kaltim Prima Coal, Red) ditarik Pemkab Kutim untuk masuk jadi batang tubuh APBD Kutim," kata Ketua DPRD Mahyunadi  usai menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-7I,  Rabu pagi (5/10/2016).


DPRD Kutim lanjut Mahyunadi terus berupaya mencari jalan, bagaimana tahun ini (2016) pembangunan bisa terus terlaksana sesuai hasil kesepakatan dalam musyawarah rencana pembangunan daerah (Musrenbang). Hanya saja, pemerintah eksekutif dinilai politisi Partai Golkar ini, bekerja lamban. "Seharusnya, KUA PPAS atau kebijakan umum anggaran perencanaan plafon anggaran sementara perubahan masuk di kantor DPRD, September .Tapi sampai awal Oktober 2016 ini belum ada draf KUA PPAS perubahan belum disampaikan ke kami," jelas Mahyunadi di halaman Kantor Bupati Kutim, Bukit Pelangi.

Kalau KUA PPAS perubahan 2016 baru disampaikan pemerintah eksekutif ke pemerintah legislatif Oktober ini, maka DPRD kira-kira bisa memparipurnakan pertengahan November. Kalau ini terjadi, apa yang bisa dilaksanakan. Kalau kurun waktu pelaksanaan pembangunan tersisa satu bulan lagi. Realisasi pembangunan tidak bisa maksimal. (ri)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM