Rabu, 05 Oktober 2016

HUT ke-71 TNI, Kodim PPU Napak Tilas ke Tempat Bersejarah

Di Nenang akan Dibangun Monumen Perjuangan 

Personel Kodim PPU melakukan napak tilas
PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID- Memperingati HUT TNI ke-71 Rabu (5//10/2016), Komando Distrik Militer  Penajam Paser Utara atau Kodim 0913/PPU melakukan napak tilas ke sejumlah ke tempat bersejarah di PPU. Napak tilas dilakukan dengan mendatangi lokasi pengibaran bendera pertama di Kaltim yang terletak di Kelurahan Nenang.

Komandan Kodim 0913/PPU  Letkol Czi Adi Suryanto mengungkapkan napak tilas dilakukan untuk mengenang jasa pahlawan yang berada di Kabupaten PPU. Di lokasi tersebut  pihaknya juga melakukan pengibaran bendera sebagai tanda penghormatan kepada pejuang.


Selanjutnya napak tilas dalam memperingati HUT TNI ini juga dilakukan dengan mendatangi Meriam Belanda yang terletak di kawasan Gunung Steleng. Adi menambahkan ke depan pihaknya membangun monumen perjuangan di kawasan Nenang  sebagai simbol penghormatan terhadap jasa-jasa pahlawan di Kabupaten PPU.

Ada yang berbeda di HUT TNI ke-71 di kodim 0913/PPU, pasukan upacara dipimpin Dandim berjalan kaki sekitar kurang lebih lima kilo meter menuju Kelurahan Nenang tujuan Napak Tilas guna mengenang di mana di Kelurahan Nenang itu, ada salah satu lokasi yang pernah dikibarkan bendera Merah Putih pertama kali di Kabupaten Penajam Paser Utara. 

Pada tahun 1945, sekitar Pukul 22.00 setelah diumumkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ada sekitar 7 orang yang menyaksikan bendera tersebut dikibarkan. Hal itu dibenarkan oleh H Untung yang masih hidup, waktu itu umur Untung masih 14 tahun tapi ingatannya masih kuat sampai sekarang. 

Untung menjelaskan yang menjaga Wagiman, dengan menggunakan sejata dan ia menyasikkan sendiri orang tuanya dan  ada sekitar 7 orang, karena ini sejarah kalau tempat ini dijadikan monumen guna mengenang jasa-jasa mereka yang dulu telah berjuang. 

Di acara tersebut hadir juga Asisten I  Ali Rahman, menjelaskan di hadapan para pasukan dan tokoh-tokoh sejarah yang menyaksikan pertama kali bendera dikibarkan di Kelurahan Nenang Dalam.  (*/hmd)
Baca Juga :

1 komentar:

  1. Saya( Nasir )sebagai putra PPU Kel Nenenag kebetulan cucu dari dua kakek saya Besai dan Rahemang yg terlibat menaikkan bendera kemerdekaan , sangat setuju kalau di Nenang di buatkan Monumaen pahlawan untuk mngenang para pejuang yg ikut mengibarkan bendera merah putih seperti kata Bungkarno Presiden RI yg pertama " BANGSA YG BESAR ADALAH BANGSA YG MENGHARGAI PAHLAWANNY "

    BalasHapus

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM