Rabu, 28 September 2016

TK Katolik St Maria Utamakan Mutu Pendidikan



Anak-anak didik TK Katolik St Maria
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Melihat perkembangan pendidikan di TK St Maria yang terletak di kawasan Kelurahan Prapatan Balikpapan Kota mengalami peningkatan, terutama di bidang sarana dan prasaran pendidikan. Sebelumnya pihak yayasan hanya menyediakan Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) St Maria, seiring perjalanan waktu dari tahun ke tahun dalam pengembangan pendidikan di sekolah tersebut tetap eksis. 

Apalagi sekarang ada penambahan yaitu disediakannya layanan pendidikan anak usia dini (PAUD), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), boleh dibilang PAUD terpadu. 

Kepala TK St Maria Balikpapan Juliana Jovita Rumondor SPd ketika ditemui kabarkaltim.co.id di ruang kerjanya mengatakan, selain TK ada pula layanan pendidikan seperti PAUD, KB dan TPA. Paud itu sendiri upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. 

"Kalau TK pendidikan anak usia dini jalur pendididkan formal yang memberikan layanan pendidikan bagi anak usia 4-6 tahun untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, agar kelak siap memasuki pendidikan lebih lanjut," kata Juliana.

"Kelompok Bermain (KB) ini juga bentuk pendidikan anak usia dini jalur nonformal yang memberikan layanan pendidikan bagi anak usia 2-4 tahun dan yang terakhir adalah Tempat Penitipan Anak (TPA) yaitu layanan pendidikan yang dilaksanakan pemerintah dan masyarakat bagi anak usia lahir sampai dengan 6 tahun sebagai pengganti keluarga untuk jangka waktu tertentu bagi anak yang orang tuanya bekerja," beber Juliana. 

"Sekarang ini kan yang namanya PAUD terus tumbuh dan berkembang,sehingga sekolah lain bisa terkena dampaknya,misalkan krisis murid yang sebelumnya jumlah muridnya banyak bisa menjadi sedikit. Oleh karena itu untuk di TK St Maria ini yang paling utama menjaga mutu pendidikan dan pelayanan,sehingga masyarakat akan lebih percaya khususnya orang tua yang anaknya di TK St Maria,” kata Juliana lagi yang pernah meraih kepala sekolah berprestasi tingkat Provinsi. 

Dijelaskan dia lebih lanjut, berkaitan banyaknya PAUD, seharusnya pemerintah terkait lebih selektif kalau ada masyarakat yang akan mendirikan PAUD, dilihat dulu tempatnya layak atau tidak, bahkan kalau perlu PAUD itu didirikan di tempat-tempat yang susah dijangkau sehingga masyarakat sekitar akan lebih mudah mendaftarkan putra putrinya di PAUD terdekat, tak perlu harus mencari PAUD ke kota. 

Sementara PAUD yang ada di kota juga menampung anak yang orang tuanya kurang mampu dengan dibiayai oleh pemerintah. "Jadi lebih memprioritaskan mendirikan PAUD yang ada di ujung kota Balikpapan," tegas Juliana -mantan alaumni TK St Maria angkatan 75. (ktn)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM