Selasa, 27 September 2016

SPS Anggrek 2 Cerdaskan Anak-anak Bangsa



Para pendidik di SPS Anggrek 2
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Dipastikan masyarakat Kota Balikpapan belum sepenuhnya mengetahui apa itu Satuan PAUD Sejenis (SPS).  Mau tahu? Satuan PAUD Sejenis yang disingkat menjadi (SPS) adalah Lembaga yang menyelenggarakan pendidikan di luar Taman Kanak-kanak, Kelompok bermain dan Taman Penitipan Anak. 

SPS ini berfungsi memberikan pendidikan sejak dini dan membantu meletakan dasar ke arah pengembangan sikap, perilaku, perasaan, kecerdasan, sosial dan fisik, yang diperlukan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. 


Seperti halnya SPS Anggrek 2 yang letaknya berada di kawasan Jalan Kutilang  Balikpapan Selatan setahap demi setahap terus mengalami kemajuan. Gedung PKK Kelurahan Gunung Bahagia yang dijadikan tempat untuk belajar sejak tahun 1980 itu dilengkapi beberapa fasilitas pendidikan seperti tempat untuk bermain, taman bacaan dan lain lain. 

Wakil Kepala SPS Anggrek 2 Balikpapan Tati Dewi ketika ditemui kabarkaltim.co.id di ruang kerjanya menjelaskan, yang termasuk dalam Lembaga Pendidikan Satuan PAUD Sejenis adalah Pos Pelayanan Terpadu  (Posyandu) yang merupakan wahana kesejahteraan ibu dan anak yang berfungsi sebagai tempat pelayanan terpadu mencakup aspek perawatan kesejahteraan dan gizi, terutama bagi ibu hamil dan balita. 

Bina Keluarga Balita (BKB) bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada orang tua dan anggota keluarga lainnya tentang  tata cara mendidik anak,mengasuh serta memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Pos PAUD adalah program layanan pendidikan yang diintegrasikan dengan program Bina Keluarga Balita dan Posyandu, menurut Tati Dewi dalam pengembangan pendidikannya tidak lain adalah membina,membimbing dan mengarahkan kepada anak yang masih usia dini untuk belajar sopan santun, membaca, menghitung, tentang keimanan dan senam pagi. 

Sistem belajar yang ada di SPS Anggrek 2 di antaranya seperti anak-anak diajak untuk melihat gambar sambil melihat huruf dan bilangan tujuannya anak dapat mengenal gambar serat huruf dan bilangan sehingga anak secara bertahap bisa membaca huruf yang tentunya didampingi oleh guru yang bersangkutan. 

Selain itu SPS Anggrek 2 juga memberikan pemahaman kepada anak didiknya belajar sambil bermain,ada 5 Sentra yang pertama sentra persiapan, imtaq, balok, seni dan kretivitas dan bahan alam.Seperti sentra Imtaq anak-anak diajarkan membaca doa sebelum ma kan dan sesudah makan, ujar Tati Dewi. 

Ditambahkan dia,  SPS Anggrek 2 juga banyak meraih prestasi diantaranya adalah pernah menjadi juara 1 Tingkat Kota bidang administrasi pada tahun 2014, juara 1 mewarnai,dan masih banyak lagi prestasi yang diraihnya. .(ktn)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM