Selasa, 27 September 2016

SMAN 4 Balikpapan Utamakan Pendidikan Karakter



Heru Purnomo
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Pemahaman peseta didik yang berkaitan dengan aspek kejiwaan merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan.Sebagai implikasinya tidak mungkin memberi perlakuan sama kepada setiap peserta didik. Hampir semua sekolah dari mulai tingkat PAUD, TK, SMP/MTs, SMA/SMK sedang gencar gencarnya meningkatkan pendidikan karakter pada siswanya.

Untuk menotalitaskan potensi yang dimilikinya maka pendidikan memerlukan adanya pemahaman karakter peserta didik. Sebagaimana yang telah dilakukan pada SMAN 4 yang terletak di kawasan Sepinggan Balikpapan selatan, nampaknya terus memaksimalkan dalam pembentukan karakter pada peserta didiknya. 

SMAN 4 Balikpapan yang sekarang dipimpin Heru Purnomo terlihat sudah banyak mengalami kemajuan terutama dalam bindang ramah lingkungan, jadi jangan heran kalau sekolah tersebut beberapa tahun yang lalu menyandang predikat tertinggi sebagai sekolah adiwiyata mandiri. 

Selain memiliki lingkungan yang nyaman dan asri, pembentukan karakter pada siswanya pun sedang dilakukan secara terus menerus,guru saling bahu membahu selain memberikan pelajaran juga memberikan pendidikan perilaku yang baik kepada para peserta didiknya. 

Menurut Heru Purnomo yang pernah menjabat menjadi Kepala SMAN 3 Balikpapan mengatakan, belajar sebuah proses yang berkesinambungan dari sebuah pengalaman membuat individu berubah dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa, proses kematangan dan belajarnya baik akan memiliki kesiapan belajar yang jauh lebih baik dengan siswa yang memiliki belajarnya buruk. 

Oleh karena hal tersebut guru yang memiliki kompetensi kepribadian yang baik di harapakan mampu memahami karakteristik anak didiknya agar proses pembelajaran yang dilakukan menjadi bermakna bagi siswanya. Hal ini menimbulkan arti penting kompetensi kepribadian guru bagi siswa,guru adalah pendidik profesional yang bertugas  mengembangkan kepribadian siswa atau sekarang lebih dikenal dengan pembentukan karakter, ungkap Heru.

"Jadi yang namanya pembentukan karakter kepada siswanya,setiap apel bendera saya selalu mengambi alih menjadi inspektur upacara, tujuannya agar bisa menyampaikan pemahaman karakter," katanya. 

"Mengajak siswa untuk berlaku sopan terhadap sesama teman, guru dan orang tua,berlaku jujur, berakhlaq baik, menjauhkan dari narkoba, perkelahian hal seperti ini selalu disampaikan pada saat upacara apel bendera, kami ingin siswa siswi SMAN 4 ini selain memiliki kelebihan dibidang akademik juga memilki karakter yang baik,oleh karena itu pendidikan karakter di sekolah ini lebih diutamakan," tegas Heru Purnomo. (ktn)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM