Selasa, 27 September 2016

SMP Patra Dharma 1 : Visi Berakhlak Mulia, Cerdas dan Peduli Lingkungan



Joko
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Merayakan hari raya Idul Adha 1437 hijriyah lalu, SMP Patra Dharma 1 Balikpapan yang terletak di kawasan perumahan Pertamina Gunung Pipa Balikpapan Utara, menyelenggarakan pemotongan hewan kurban. 

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dilakukan Selasa (13/9/2016) berjumlah 2 ekor sapi. Dana yang digunakan untuk pembelian hewan kurban berasal dari partisipasi para siswa siswi dan semua guru. Terlihat para siswa siswi sangat antusias menyaksikan jalannya penyembelihan hewan qurban,dan kegiatan tesebut merupakan tradisi setiap tahu selalu dilaksanakan. 

Kepala SMP Patra Dharma 1 Balikpapan Joko ketika dikunjungi kabarkaltim.co.id di ruang kerjanya mengatakan, kegiatan berkurban dengan menyembelih 2 ekor sapi yang cukup gemuk dan besar ini rutin dilakukan setiap tahun. 

Tujuannya adalah untuk memberikan edukasi tentang kurban kepada anak didiknya. ”Kami sebagai kepala sekolah di sini sangat berharap dengan kegiatan berkurban dapat menumbuhkan dan memupuk rasa saling menolong dan kesedian untuk berbagi dengan sesama. Daging kurban dibagikan kepada warga sekitar sekolah yang berhak menerimanya," kata dia.

Kegiatan pemotongan hewan kurban tersebut merupakan salah satu program keagamaan di SMP Patra Dharma 1 Balikpapan. Dikatakan dia lebih lanjut,  SMP Patra Dharma merupakan sekolah umum yang mempunyai visi berakhlak mulia, cerdas dan peduli lingkungan yang nyaman dan asri. 

Sedangkan indikator visi berakhlaq mulia adalah menjalankan ibadah sesuai dengan perintah agama,hormat dan berbakti kepada orang tua dan guru, menjalankan nilai nilai luhur/karakter bangsa, religius yang ditanamkan dalam pembelajaran di sekolah, berbagi program keagamaan di antaranya setiap hari semua siswa wajib membaca Alquran di masing-masing kelas sebelum jam pelajaran pertama dimulai selama 20 menit dengan didampingi oleh wali kelas.

Selain itu juga ada program penambahan jam imtaq,sholat dhuha, salat dhuhur berjamaah serta salat Jumat di sekolah dapat dilaksanakan dengan baik. Selain itu ada juga program keagamaan seperti pesantren Ramadan, tahun baru Islam, isra mi’raj. Terakhir untuk tahun ajaran 2016-2017 telah dibuka kegiatan ekstrakurikuler program membaca Alquran ditujukan bagi siswa-siswi yang belum bisa membaca Alquran atau lebih dikenal dengan TPA setiap hari Jumat dimulai pada pukul 13.30- 15.30. (ktn)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM