Selasa, 27 September 2016

SLBN Balikpapan Piloting Sekolah Aman



Pelatihan antisipasi kebakaran
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Balikpapan merupakan salah satu piloting sekolah aman. Aman adalah situasi dimana seseorang bebas dari bahaya dan rasa takut. Dengan demikian, sekolah aman bisa diartikan sebagai lembaga pendidikan yang warganya bebas dari bahaya baik secara internal maupun eksternal. 

Koordinator sekolah aman di SLBN Balikpapan Darmawan menjelaskan, pada prinsipnya sekolah aman bebas rasa takut dari segala ancaman keamanan sekolah, memiliki komitmen terhadap budaya aman, suasana kondusif untuk belajar


"Hubungan antar warga sekolah positif,  sadar terhadap risiko bencana, lingkungan fisik gedung, halaman dan ruang, ruang kelas dibangun dengan mempertimbangkan faktor keamanan warganya, memiliki rencana yang matang dan mampu sebelum dan sesudah bencana dan selalu siap untuk merespon pada saat darurat dan bencana terjadi," ujar Darmawan. 

Dikatakan dia lebih jauh, guna mengetahui bagaimana cara mengatasi atau memberikan pertolongan ketika bencana datang, maka pihak sekolah mengundang Basarnas, PMK dan PMI untuk memberikan pelatihan cara menanggulangi bencana, tempat pelatihannya berlangsung di aula pertemuan SLBN Balikpapan yang diikuti warga sekitar dan para guru SLBN. 

Kemudian setelah para guru mengikuti pelatihan akan dilanjutkan pengaderan siswa,artinya guru juga akan memberikan pencerahan pengertian pentingnya menjaga keamanan dari bencana, seperti cara mengatasi apabila ketika terjadi kebakaran, tanah longsor. 
30 September 2016, pihak sekolah akan melaksanakan simulasi yang diikuti seluruh warga sekolah. Ditambahkan dia tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan edukasi kepada warga sekitar, para guru dan siswanya agar dapat mengetahui menjaga dan menanggulangi bencana. (ktn)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM