Selasa, 27 September 2016

Ciptakan Berbagai Gagasan Mendorong Kesejahteraan Masyarakat

PPU Telah Berjaya di Usia Muda (Bagian 2 habis)


 

Selain mendorong aktivitas perekonomian di wilayahnya,

Bupati Penajam Paser Utara (PPU) H. Yusran Aspar dan Wakil Bupati PPU,

H. Mustaqim MZ juga tak melupakan untuk terus meningkatkan kesejahteraan

masyarakat di daerahnya melalui berbagai inovasi dan gagasan cemerlang yang diciptakan.


Gagasan cemerlang yang langsung bersentuhan dengan masyarakat tersebut salah satunya seperti pada anggaran tahun 2015 lalu, pemerintah daerah telah melakukan pengadaan mobil ambulans untuk ke 54 kelurahan dan desa yang ada di PPU. Bupati mengatakan tanggung jawab pemeliharaan dan pengelolaan mobil ambulan itu kemudian diberikan kepada kepala desa dan lurah masing-masing. 



"Setiap warga yang mau berobat di rumah sakit umum daerah (RSUD) maupun puskesmas, dapat menggunakan mobil ambulan tersebut. Warga cukup memberitahu kepala desa atau lurah  bahwa ada warga yang sakit mau dibawa ke puskesmas atau RSUD, pemerintah kelurahan atau desa langsung memerintahkan supir ambulans tersebut,“ jelasnya. 
  
Program ambulans desa yang telah dilaksanakan terbukti kini sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kabupaten PPU. Dalam kondisi darurat, kini masyarakat PPU tidak kesusahan lagi untuk  mencari angkutan mereka  menuju RSUD atau puskesmas. Apalagi dalam keadaan emerJensi seperti ibu akan melahirkan, kecelakaan dan sebagainya.

Ada lagi program andalan yang merupakan gagasan bupati Yusran Aspar beberapa tahun lalu. Yaitu program sawit rakyat yang telah digagas sejak 2005 lalu terus berkembang dan dirasakan oleh seluruh masyarakat di tanah Benua Taka tercinta ini. Melalui program tersebut, pemerintah daerah setiap tahun telah memberikan bantuan mulai  bibit sawit gratis, herbisida hingga pupuk untuk 2 ribu hektare  setiap tahun di PPU.
  
"Alhamdulillah program ini terus berkembang dan dapat dirasakan langsung  masyarakat PPU. Ketika itu lahan kebun sawit rakyat yang kita jalankan hanya berkisar 8.000 hektare. Kini program sawit rakyat dari pemerintah daerah saat ini telah meningkat drastis menjadi lebih dari 40 ribu hektare," ungkap Yusran Aspar dalam satu kesempatan. 

Ketika ditemui sejumlah masyarakat pemilik perkebunan sawit rakyat mengatakan juga  sangat bersyukur dengan program tersebut. Betapa tidak, melalui program yang digagas orang nomor satu di PPU sejak beberapa tahun lalu itu,  masyarakat memperoleh bantuan secara gratis bantuan dari pemerintah daerah. Setiap tahunpun pemerintah daerah terus menambah luasan lahan pertanian yang ada hingga 2.000 hektare. 

Seperti salah satunya diungkapkan Usmansyah yang merupakan anggota kelompok tani asal kecamatan waru ini. Ia mengatakan sangat bersyukur dengan program yang telah diberikan oleh bupati PPU tersebut. Dirinya juga mengatakan melalui sawit rakyat tersebut, sejak saat program itu dijadikan masyarakat sebagai sumber penghasilan bagi keluarga  mereka.  

“Alhamdulillah program sawit rakyat ini sangat membantu kehidupan keluarga kami hingga saat ini. Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada bupati PPU atas program tersebut,“ ungkap Usmansyah, Rabu, (14/9/2016). 
  
Dirinya juga menceritakan, sejak menerima bantuan melalui program sawit rakyat di PPU tersebut, kehidupan ekonomi mereka berjalan dengan baik. Hal itu dapat terlihat bahwa saat ini  Usmansyah mampu membangun sebuah kediaman untuk keluarga mereka yang lebih baik. Dirinya pun menceritakan saat itu dapat menyekolahkan putra kesayangannya hingga menjadi seorang polisi.

“Alhamdulilah ini semua merupakan berkah yang besar yang diperoleh melalui sebuah gagasan seorang kepala daerah. Semoga program ini terus dapat berjalan dan bermanfaat bagi seluruh  masyarakat PPU,“ pungkasnya. 

Program unggulan Kabupaten PPU lainnya adalah, bupati Yusran Aspar di awal kepemimpinannya dulu telah menggulirkan dana untuk penyertaan modal melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Ibadurrahman PPU. Digulirkan sejak 2005 lalu dengan dana awal Rp 7 miliar kini dana bergulir (Revolving) telah mencapai nilai lebih dari Rp 42 miliar.
“Dana bergulir tersebut disalurkan sebagai kredit bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan untuk dana pembelian mesin pertanian (Alsintan) di Kabupaten PPU, yang disalurkan melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Ibadurrahman,“ terang Pimpinan BPR Ibadurahman PPU, Winarno saat dimintai keterangan terkait ini.

Dia menjelaskan, dana bergulir tersebut digulirkan kepada UMKM dan petani dengan bunga 6 persen per tahun. Dari bunga tersebut masing-masing pihak baik bank Ibadurahman maupun pemerintah daerah memperoleh keuntungan sebesar 3 persen.

“Program ini telah berjalan sejak 2005 lalu dengan dana awal dari pemkab PPU sebesar Rp 7 miliar. Kini dana bergulir tersebut nilainya mencapai Rp 42 miliar, “ terang dia.

Dikatakan Winarno, program tersebut merupakan program unggulan pemerintah daerah. Dimana pemda PPU memberikan dana sekali pada 2005,  kemudian bergulir secara terus menerus hingga saat ini. Rencananya program tersebut kata dia, akan dimasukkan ke dalam program Sinovic sebagai program langsung kepada masyarakat dan menjadi percontohan bagi daerah di Indonesia.

“Bupati PPU Yusran Aspar mengatakan kepada kami, bahwa pihaknya akan bertemu dengan presiden untuk menyampaikan program  dana bergulir ini untuk dijadikan percontohan bagi daerah lain di Indonesia,“ terang dia.
  
Ia juga menambahkan, bahwa bupati berencana menambah peruntukkan progran dari dana bergulir tersebut selain UMKM dan alat pertanian. Misalkan kata dia, satu desa membutuhkan dana untuk pelaksanaan pembangunan, dana ini dapat digulirkan.  Kemudian pengembaliannya dilakukan setiap tahun dari ADD desa masing-masing. Kecilnya suku bunga kredit yang diberikan tersebut bertujuan untuk meringankan sektor UMKM dan diharapkan lebih menggairahkan UKM dalam menjalankan usahanya. Begitu juga dengan petani di PPU dalam melakukan pembelian alat-alat pertanian mereka.

“Intinya program dana bergulir ini dilaksanakan untuk lebih mempermudah bagi UKM dan petani di PPU, yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten PPU," pungkasnya. (Subur Priono )
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM