September 22, 2016

Kementerian PUPR Bangun Penjemuran Ikan di PPU

Masyarakat Sambut Baik Kepedulian Pemerintah Bantu Desa


Tempat penjempuran ikan
PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID- Kepala Desa Sesulu, Kecamatan Waru Kabupaten  Penajam Paser Utara (PPU), Kariansyah mengatakan,  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun tempat penjemuran ikan di Desanya, melalui program pembangunan infrastruktur sosial ekonomi wilayah. 

Dengan anggaran sekitar Rp 1,062 miliar, selain membangun tempat penjemuran ikan yang terbuat dari kayu ulin dengan model panggung 26x40 meter, Kementerian PUPR juga membangun gudang penyimpanan ikan kering berukuran 8x6,5 meter. 


Kariansyah saat ditemui beberapa waktu lalu mengatakan, pembangunan tempat penjemuran ikan dan gudang penyimpanan ikan kering itu sesuai permintaan masyarakat setempat selama ini. Menurut dia, pembangunan tempat penjemuran ikan serta gudang penyimpanan ikan kering itu akan dilaksanakan dalam waktu dekat. 

"Kontraktor pelaksana sudah melakukan survei dan komunikasi. Pembangunan itu melibatkan tenaga kerja lokal," kata Kariansyah. 

Ia menjelaskan, Desa Sesulu sebagai penghasil ikan kering selama ini memang membutuhkan tempat penjemuran ikan yang permanen dan di lokasi yang layak agar mampu meningkatkan produksi dan kualitas ikan kering. 

"Selama ini warga menjemur ikan di atas badan jalan karena sepanjang pesisir pantai mengalami abrasi," jelas Kariansyah. 

Pembangunan tempat penjemuran ikan dan gudang penyimpanan ikan kering tersebut menurutnya, merupakan bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat pesisir yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan. 

"Tempat penjemuran ikan itu sangat bermanfaat untuk warga dalam melakukan aktivitasnya sebagai nelayan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar Kariansyah. 

Warga Desa Sesulu, Kecamatan Waru ini juga menyambut baik pembangunan tempat penjemuran ikan dan gudang penyimpanan ikan kering tersebut. 

"Kami sangat bersyukur sebentar lagi akan memiliki tempat penjemuran ikan permanen dan layak, salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan warga," ucap salah seorang warga Desa Sesulu, Ikram. (humas6)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM