Agustus 21, 2016

UKS SMAN 5 Balikpapan Ikut Lomba Tingkat Provinsi





Pembina UKS SMAN 5 Balikpapan
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan usaha yang dilakukan sekolah untuk menolong murid dan juga warga sekolah yang sakit di kawasan lingkungan sekolah. UKS biasanya dilakukan di ruang kesehatan suatu sekolah. Seperti halnya UKS milik SMA Negeri 5 Balikpapan yang dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai, bahkan UKS tersebut pernah dilombakan untuk tingkat kecamatan dan berhasil meraih juara. 

Namun sebagai juara 1 tingkat kecamatan tidak cukup masih harus dilombakan lagi ke tingkat kota, kembali berhasil meraih juara1 tingkat kota. Setelah sukses meraih juara I tingkat kecamatan dan kota, masih harus kembali berjuang untuk ikut lomba UKS ke tingkat provinsi. 

Pembina UKS SMAN 5 Balikpapan Dwi Suryani didampingi Muslimahtun ketika ditemui di ruang kerjanya mengatakan, sekarang sedang mempersiapkan dan melengkapi administrasi serta kegiatan eskul sekolah. Karena penilaian sekolah sehat akan dilakukan pada  Senin (22/8/2016), oleh karena itu segala sesuatunya harus dipersiapkan. 


Tim penilai yang akan bekunjung ke SMAN 5 datang dari Kemenag, Disdik, BLH dan DKK dimana setiap Departemen akan menilai sesuai tugasnya, misalkan Kemenag biasanya menilai rumah ibadah (masjid), BLH menilai tentang lingkungan, DKK menilai tentang kesehatan begitu pula dengan Disdik. 

Berkaitan dengan kegiatan UKS dimana anggota PMR (Palang Merah Remaja) rutin melakukan penjaringan pemeriksaan kesehatan seperti melakukan pemeriksaan gigi kepada setiap siswa.Penjaringan kesehatan ini dilakukan setiap 2 kali dalam satu tahun. 

"Jadi penjaringan kesehatan tidak lagi dilakukan dari Dinas Kesehatan tapi cukup dilakukan oleh tim PMR. Kemudian UKS bekerja sama dengan Klinik Korpri, apabila ada siswa yang sakit yang harus dibawa ke klinik, maka klinik tersebut yang akan menangani, namun bila siswa yang sakit tidak memiliki BPJS maka siswa tersebut akan dikenakan administrasi tapi kalau memiliki BPJS tentu tidak dipungut biaya,” ujar Dwi Suryani. 

Dikatakan Dwi lebih jauh untuk siswa yang memiliki BPJS belum semuanya punya kartu BPJS, oleh karena itu sekarang sedang mendata dan mengisi Kartu Menuju Sehat (KMS).Selain memiliki tim PMR, UKS SMAN 5 juga telah membentuk Pokja (Kelompok Kerja) Pokja ini sudah dibentuk satu tahun yang lalu. Tugas Pokja akan bekerja sesuai tugasnya, misalkan Pokja di bidang lingkungan,Toga dan UKS. 

”Sebagai Pembina UKS yang dibantu Muslimahtun persiapan untuk mengikuti lomba sekolah sehat dirasa telah terpenuhi, dan kami optimis akan meraih juara I Tingkat Provinsi,” beber Dwi Suryani. (ktn)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM