Agustus 20, 2016

SMPN 20 Balikpapan Terapkan Moving Class



Suwiyadi
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Mau tahu apa itu moving class? Moving class atau kelas berjalan merupakan suatu sistem pembelajaran dimana setiap kelas ditetapkan sebagai tempat pembelajaran. Untuk mata ajar tertentu yang telah dilengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan dalam proses pembelajaran mata ajar tersebut. 

Sebagaimana yang telah diterapkan di SMP Negeri 20 yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta Km 20 Karang Joang Balikpapan Utara. Meski sekolahnya berada di ujung boleh dibilang sekolah pinggiran namun sistem pembelajarannya juga tidak kalah dengan sekolah yang ada di kota ini. 

Kepala SMP Negeri 20 Balikpapan Suwiyadi MPd ketika ditemui di ruang kerjanya mengatakan, pelaksanaan sistem moving class dimulai sejak tahun ini, moving class itu sendiri adalah salah satu sistem perpindahan kelas dimana setiap guru mata pelajaran sudah siap mengajar di ruang kelas yang telah ditentukan. Sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan sehingga setiap mata pelajaran memiliki ruangan atau kelas sendiri. 


Dikatakan Suwiyadi lebih jauh, sistem moving class dapat membawa banyak dampak positif perkembangan sekolah. Sistem pembelajaran dengan menggunakan moving class dapat menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab siswa, karena siswa harus mencari ruang kelasnya pada setiap pergantian pelajaran. Selain itu juga dapat melatih peserta didik dan guru untuk menggunakan waktu sebaik mungkin agar waktu pembelajarannya dapat berjalan dengan efektif. 

Penerapan moving class menurut Suwiyadi diharapkan dapat memperoleh suasana belajar yang terasa lebih nyaman dan kondusif karena selain didukung oleh fasilitas kelas yang memadai juga didukung oleh kesiapan guru dalam mengajar menyampaikan materi pelajaran. Selain itu dengan menerapkan sistem moving class,siswa tidak akan merasa jenuh utuk mengikuti kegiatan belajar mengajar,karena siswa tidak akan belajar di kelas yang sama untuk semua mata pelajaran. 

Siswa akan merasakan suasana yang berbeda untuk setiap mata pelajarannya dan peserta didik akan lebih mudah menerima pelajaran,karena di dalam kelas telah dilengkapi dengan fasilitas keilmuan sesuai dengan mata pelajaran,beber Suwiyadi pernah meraih guru berprestasi tingkat nasional tahun 2012. 

”Kami menjadi kepala SMPN 20 boleh dibilang masih relatif baru,menggantikan pendahulunya. Jadi kami akan meneruskan dalam pengembangan pendidikan, yang sudah baik tentu harus ditingkatkan,yang belum baik akan kita perbaiki,” imbuh Suwiyadi yang ramah tamah itu. (ktn)  
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM