Agustus 20, 2016

SMAN 5 Balikpapan Pilloting K13




Para siswa SMAN 5 Balikpapan
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-SMAN 5 Balikpapan merupakan salah satu sekolah piloting kurikulum 2013, dimana kurikulum itu juga sering disebut dengan kurikulum berbasis karakter. Kurikulum baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sebuah kurikulum yang mengutamakan pada pemahaman, skill dan pendidikan berkarakter, dimana siswa dituntut paham atas materi, aktif dalam proses berdikusi dan presentase serta memiliki sopan santun dan sikap disilpin yang tinggi. 

Wakil Ketua Kurikulum 2013 Agus Budianto SPd MPd ketika ditemui di ruang guru, Jumat (19/8/2016) mengatakan,  pada dasarnya dalam pelaksanaan kurikulum 2013 lebih kepada pembentukan karakter. Namun demikian sejak SMAN 5 ditunjuk menjadi sekolah piloting K13 sudah meluluskan angkatan pertama, artinya dalam pelaksanaan kurikulum K13 yang dilaksanakan di SMAN 5 Balikpapan berjalan sesuai harapan. 

Apalagi kurikulum 2013 sudah direvisi sehingga akan lebih mudah mengimplementasikan karena metodenya lebih sederhana dan ringkas. ”Kurikulum K13 sebelum direvisi skala penilaiannya 1 sampai 4 setelah dilakukan revisi skala penilaiannya 1 sampai 100,” ujar Agus Budianto. 

Dikatakan Agus lebih jauh, dalam pembentukan karakter atau sikap pada siswanya tidak semudah membalikkan telapak tangan, dibutuhkan waktu tidak sedikt yaitu dilaksanakan secara bertahap. Selain itu di SMAN 5 tidak memiliki diskriminasi terhadap siswanya, baik siswa yang mendaftar melalui jalur umum, Bina Lingungan, Luar Kota dan prestasi semua yang diterima dilebur menjadi satu yaitu siswa-siswi SMA Negeri 5 Balikpapan, intinya tidak ada yang harus dibedakan. 

Kemudian menurut Agus berkaitan dengan sebagai sekolah piloting K13, SMAN 5 juga baru-baru ini meriah prestasi yang membanggakan yakni Juara 3 Qwiz Kihajar (Kita Harus Belajar) tingkat provinsi diraih siswi Ika Hidayati kelas XII IPA4, Juara 2 Qwiz Kihajar diraih siswi Anni Okvita Kenanga Sitinjak kelas XII IPA4, Juara 2 FlS2N tingkat provinsi bidang seni dan budaya diraih siswi Kriya Putri, juara umum Suporter DBL (Development Basketball League) Honda Tingkat Provinsi, Juara PIKR Tingkat Provinsi. 

"Masih banyak lagi prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik yang pernah diraihnya," tutup  Agus Budinto yang ramah tamah itu. (ktn)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM