Agustus 23, 2016

SMP IT Nurul Hikmah Sudah Terapkan FDS


Civitas akademika SMP IT Nurul Hikmah PPU
PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Sebelum Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy akan menerapkan peraturan full day school, Sekolah Menengah Pertama Islam  Terpadu (SMP IT) Nurul Hikmah Penajam Paser Utara (PPU) telah menetapkan sistem ini. Sistem kurikulum dengan mengedepankan pendidikan karakter. Hal ini dikatakan Kepala Sekolah SMP IT Nurul Hikmah Damas SPd  kepada kabarkaltim.co.id, Senin (22/8/2016) di ruang kerjanya. 

"Sekolah kami sudah menerapkan Full Day School (FDS) sebelum wacana dari Menteri Pendidikan, mulai tahun ini yakni pembelajaran 2016-2017, FDS sendiri dari hari Senin sampai Jumat, dari pukul 7:30 sampai dengan pukul 17:00 WIta, sedangkan untuk hari Sabtu kami melakukan pembinaan kapasitas dan kualitas guru," kata Damas.



Damas
Menurutnya, kondisi ideal pendidikan di sekolahnya adalah ketika dua aspek pendidikan bagi siswa terpenuhi. Adapun dua aspek pendidikan itu ialah pendidikan karakter dan pengetahuan umum, pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP), pendidikan karakter bagi siswa terpenuhi sebanyak 60 persen dan pengetahuan umum sebanyak 40 persen. 

"Kami akan memastikan bahwa memperkuat pendidikan karakter peserta didik menjadi rujukan dalam menentukan sistem belajar mengajar di sekolah, selain itu fasilitas di sekolah SMP IT Nurul Hikmah yakni ruang kelas, mesjid dll, sekolah kami menyediakan makan siang jadi masalah konsumsi tidak ada masalah," lanjutnya. 

Walaupun kegiatan belajar sampai sore pihaknya sudah mengatur sedemikian rupa sehingga peserta didik tidak merasa terpaksa, tidak keberatan karena sistem pendidikan mengacu kepada disiplin kesadaran bukan karena paksaan. 

"Selain FDS, SMP IT Nurul Hikmah juga menerapkan sistem Broarding School atau sistem asrama dimana peserta didik usai pulang sekolah tidak pulang ke rumah tetapi pulang ke asrama. Di sana dilanjutkan pendidikan tentang agama semacam pesantren dan hari Jumat usai pelajaran baru mereka boleh pulang ke rumah dan Senin datang kembali," jelasnya. 

Dengan pendidikan karakter, para siswa dapat terhindar dari pengaruh-pengaruh negatif dan kegiatan kontraproduktif, seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran, dan sebagainya.
Ia mengatakan, salah satu alasan kenapa penerapan full day school di sekolahnya, dikarenakan dapat membantu orang tua dalam membimbing anak tanpa mengurangi hak anak. 

Peran orang tua juga tetap penting. Di hari libur dapat menjadi waktu keluarga. Dengan begitu, komunikasi antara orangtua dan anak tetap terjaga dan ikatan emosional juga tetap terjaga. (hmd)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM