Agustus 29, 2016

Pesta Adat Erau, Ruslan Juara I Sumpit

Ruslan. (bahar sikki/kk)
SANGATTA,KABARKALTIM.CO.ID-   Ruslan, anggota Satpol PP berjuang sendiri demi mengharumkan nama Kabupaten Kutai Timur. Momentum pesta Adat Erau yang dihelat 20-28 Agustus 2016 di Kota Raja, Tenggarong  patuh dibanggakan. Ruslan juara I lomba olahraga tradisional sumpit jarak 30 meter. Pria yang mengaku sudah memegang 6 lembar piagam penghargaan cabang olahraga sumpit itu mampu membutkikan diri lebih unggul dari 67 pesumpit se-Indonesia.

"Ini bukan main-main. Saya juara satu lomba sumpit di pesta Erau Tenggarong. ini jaura bukan hanya juara nasional tapi juga juara internasional. Ada sembilan negara ikut memeriahkan pesta Adat Erau," kata Ruslan sambil memegang plakat dan piagam penghargaan sesaat menghadap Wakil Bupati Kasmidi Bulang untuk menyampaikan prestasi yang diraihnya.

Ruslan berangkat  dari Kutim ke Tenggarong menggunakan biaya sendiri. Pasalnya, ketika anggota Satpol PP itu menemui Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Dwi Susilanto Gamawan untuk meminta restu kepedulian mengenai ikutnya lomba sumpit di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. "Sebelum berangkat ke Tenggarong, saya menghadap pak Anto (Dwi Susilanto Gamawan, Red). Tapi waktu menghadap tidak ada apa-apa juga dikasih saya," aku Ruslan di Kantor Bupati, Kawasan Pusat Perkantoran Bukit Pelangi, Senin (29/8/2016).


Tanpa bekal memadai, Ruslan nekad berangkat sendiri. Karena dia, yakin  betul perjuanganya itu bakal membuahkan hasil menggembirakan. "Alhamdulillah, saya juara sumpit," ucap Ruslan dengan bangga.

Ruslan menceritakan kisah hidupnya selama 5 hari pada pesta Adat Erau. Dengan bekal pas-pasan, tidurnya hanya "numpang" gabung dengan pesumpit Bengalon. penyumpit Bengalon punya dana sendiri bantuan dari perusahaan. Belum ada juga bantuan dari Pemkab Kutim. "Namanya juga nebeng, ya saya harus tahu diri. Kalau ditawari makan, ya saya ikut makan bersama bubuhan sumpit Bengalon yang dipimpin Syaiful," beber Ruslan.

Atas prestasi tersebut, Ruslan memohon ada perhatian dari Pemkab Kutim. "Saya hanya ingin dihargai. Ini hasil perjuangan sendiri," harapnya optimistis. (ri)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM