Rabu, 03 Agustus 2016

Permudah Perusahaan Sawit dan Batu Bara : Akses Jalan menuju KIB




Yusran Aspar meninjau pengerjaan akses jalan menuju KIB
PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID - Bupati Penajam Paser Utara (PPU) H Yusran Aspar, meninjau langsung proyek pengerjaan akses jalan Pelabuhan Benua Taka Kawasan Industri Buluminung (KIB)  yang dikerjakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten PPU. Pengerjaan jalan tersebut telah dimulai  dari Km 10 Silkar menuju Ingkur sejak beberapa waktu lalu. 

"Pengerjaan jalan ini  merupakan salah satu langkah pemerintah daerah untuk memberikan alternatif penghubung terdekat menuju KIB yang kita kerjakan melalui UPT Dinas PU. Melalui pembangunan jalan tersebut diharapkan akan mempermudah perusahaan baik kelapa sawit maupun batu bara di PPU menuju pelabuhan kita di KIB tersebut, “ terang Yusran Aspar, Rabu, (3/8/2016). 


Dikatakan Yusran Aspar, pelabuhan Benua Taka yang berada di KIB Buluminung memiliki standar internasional, yang memang telah dirancang diperuntukkan sebagai pelabuhan bongkar muat bagi perusahaan-perusahaan di PPU, mulai CPO, batubara dan sebagainya. 

“Diharapkan setelah pengerjaan jalan pendekat tersebut selesai, segala aktivitas perusahaan untuk menuju pelabuhan benua taka menjadi lancar, sehingga pada akhirnya akan menambah PAD bagi daerah kita, “ pungkasnya.

Sementara itu dijelaskan Kepala Dinas PU Kabupaten PPU, Alimuddin bahwa pemgerjaan jalan tersebut nantinya ada sebagian wilayah dilalui jalan, milik PT Kebun Mandiri Sejahtera (KMS), tetapi kata dia, untuk hal itu sudah ada persetujuan dengan pihak KMS.

Hal ini kata dia, dilakukan untuk menarik perusahaan crude palm oil (CPO) maupun batubara masuk ke pelabuhan di PPU. Sehingga akses jalan menuju pelabuhan dapat mudah dijangkau. 

"kita berharap ke depannya seluruh perusahaan kelapa sawit maupun batubara bisa mengapalkan hasil produksinya melalui Pelabuhan Benuo Taka milik Pemkab PPU, sehingga rencana kita memperoleh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pelabuhan itu segera tercapai," ujar Alimuddin.  

Secara simultan lanjut dia, Dinas Perhubungan PPU telah menyelesaikan pelabuhan Industri Buluminung milik Pemkab PPU. Baik secara administrasi maupun teknis kepelabuhanan. 
Ia menambahkan, pembuatan jalan itu tidak menggunakan anggaran, kerena pengerjaannya dilakukan UPT-PU Kecamatan Penajam dan tidak ada persoalan dan sudah menyelesaikan hitungan tanam tumbuh.   

Seperti diketahui sebelumnya bahwa Pelabuhan Benuo Taka diperuntukkan untuk loading batu bara dan crude palm oil (CPO) atau minyak kelapa sawit serta pelabuhan umum di dalam satu lokasi di Kawasan Industri Buluminung. 

Dengan kehadiran jalan ini tentu akan mendukung pengangkutan CPO maupun batubara. Pelabuhan Benuo Taka yang telah beroperasi ini akan menertibkan adanya "tikus-tikus" yang beroperasi tanpa adanya kontribusi untuk pemerintah daerah. (humas6)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM