Rabu, 03 Agustus 2016

57 Sopir Ikuti Pemilihan Abdi Yasa 2016

Tohar : Sopir Harus Bisa Beri Pelayanan Terbaik


Para sopir menerima pengarahan
PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) H Tohar membuka secara resmi pemilihan Abdi Yasa (sopir teladan)  tahun 2016 tingkat Kabupaten PPU, Selasa, (2/8/2016) di aula lantai tiga Kantor Bupati PPU. Pada ajang tahunan ini, sebanyak 57 sopir terpilih di Benua Taka itu turut bersaing untuk menjadi yang terbaik sebagai sopir teladan. 

Dalam arahannya Tohar mengatakan bahwa berdasarkan pengamatan, ternyata setelah dipahami, baik sopir umum, sopir pribadi maupun supir lainnya tidak cukup hanya sekadar mampu menjalankan kendaraan sampai ke tempat tujuan. Lebih dari itu kata dia, sangat banyak hal-hal yang harus dipelajari dan dipahami oleh seorang sopir agar kendaraan yang mereka bawa sampai di tujuan dengan baik. 


Dikatakan dia, di antaranya ada beberapa hal nilai-nilai yang harus dipahami oleh seorang supir tersebut antara lain adalah seperti tentang kesadaran pribadi harus dimiliki, seorang supir harus mampu memperhatikan keselamatan pribadi maupun keselamatan penumpang, serta mereka ketika membawa kendaraan di jalan harus dapat memperhatikan keselamatan bagi para pengguna jalan yang lain.  

Karena menurutnya, semua orang punya hak yang sama untuk menggunakan jalan yang ada. Sehingga salah satunya aspek ini perlu diperhatikan bagi seorang sopir demi terciptanya keselamatan semua pengguna jalan yang ada.

“Pendeknya sopir harus bisa memberikan pelayanan terbaik bagi penumpangnya. Nilai-nilai inilah di antaranya harus telah tertanam dalam diri seorang sopir,“ terang Tohar. 

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata PPU, Ady Irawan mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan dalam rangka memilih abdi yasa atau sopir teladan di lingkungan Kabupaten PPU. 

"Mereka adalah sopir-sopir yang telah melalui pemilihan  baik sopir angkutan umum maupun travel. Mereka nantinya juga memperoleh pengarahan masing-masing akan disampaikan oleh pemateri,“ ungkapnya. 

Dalam penyampaian materi tersebut nantinya, peserta akan memperoleh materi seputar profesinya sebagai awak angkutan umum. Ini dilakukan juga kata dia, untuk menekan tingkat kecelakaan yang terjadi di jalan, serta dalam rangka untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. 

“Tahun 2015, dalam ajang ini di tingkat Provinsi Kalimantan Timur,  Kabupaten PPU berhasil menjadi peringkat terbaik di Kaltim. Semoga prestasi tersebut dapat kita pertahankan,“ harapnya. 

Untuk itu lanjutnya, melalui ajang tersebut kata dia, pihaknya akan mencari nominasi abdi yasa terbaik 1, 2 dan 3 serta harapan 1, 2 dan 3. Selanjutnya mereka akan mengikuti kegiatan tersebut tingkat Provinsi Kaltim mendatang. 

Kegaiatan ini juga diisi dengan pemateri masing-masing dari Jasa Raharja, Polres PPU, Dishub Provinsi dan Dishub Kabupaten PPU. (humas6)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM