Rabu, 03 Agustus 2016

Ditarget Rampung 4 Bulan : Akses Jalan menuju KIB


PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Pembangunan jalan dari arah Silkar hasil kerja sama Pemkab dan PT Kebun Mandiri Sejahtera (KMS) menuju Pelabuhan Benua Taka Kawasan Industri Buluminung (KIB) ditargetkan rampung dalam empat bulan ke depan. Namun hal tersebut masih tergantung kondisi cuaca dalam pengerjaan proyek jalan sepanjang 10-12 kilometer tersebut. 


Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar saat melakukan tinjauan pembangunan jalan menuju Pelabuhan Benua Taka Buluminung mengatakan kepada sejumlah media Rabu (3/8/2016), pembangunan jalan  menuju pelabuhan Benua Taka nantinya mempermudah akses pengangkutan hasil produksi Crude Palm Oil atau CPO dan batu bara menuju Pelabuhan Buluminung. 



"Pembangunan jalan itu nantinya mempermudah akses pengangkutan hasil produksi Crude Palm Oil atau CPO maupun batu bara," kata Yusran. 


Selain itu ia mengatakan pembangunan jalan akses tersebut dapat memperpendek jarak tempuh kendaraan pengangkut menuju pelabuhan, jalan tersebut juga diproyeksikan guna mendorong perusahaan dalam mengapalkan hasil produksinya menggunakan jalur Pelabuhan Benua Taka Buluminung.
 
"Dalam hal ini pelabuhan tersebut nantinya dapat menjadi pemasukan bagi khas daerah dari sisi retribusi pelabuhan, langkah membangun infrastruktur jalan dengan memanfaatkan unit pengelola teknis atau UPT Dinas Pekerjaan Umum merupakan cara strategis dalam menyiasati minimnya anggaran tahun ini," tutur Yusran. 


Hal senada dikatakan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum PPU Alimuddin saat mendampingi Bupati meninjau lokasi proyek pembangunan jalan dari Silkar menuju Pelabuhan Benua Taka Buluminung. 

"Target pengerjaan sampai akhir tahun melihat kondisi cuaca yang akhir-akhir ini musim hujan, dan ke depannya perusahaan CPO yang biasanya lewat jalan utama bisa dialihkan ke jalan tersebut," ungkap Alimuddin.


"Pembangunan akses jalan menuju pelabuhan Benua Taka Buluminung tersebut tidak menggunakan anggaran APBD, dimana pengerjaan proyek itu akan dilakukan bersama-sama antara pemerintah Kabupaten yakni Pihak UPT-PU Kecamatan Penajam dengan perusahaan swasta baik dalam hal pengadaan material maupun peralatannya," tutur Alimuddin.


Usai kunjungan ke jalan Silkar tembus pelabuhan Benua Taka Buluminung Bupati, Kadis PU berserta rombongan melanjutkan tinjauan lokasi ke jalan menuju jembatan Pulau Balang yang merupakan mega proyek milik Provinsi Kalimantan Timur dan ke depan terkoneksi dengan semua pembangunan di PPU termasuk jembatan Melawai-Nipahnipah. 


Perlu diketahui inilah ide cemerlang Yusran Aspar di mana UPT-PU, bekerja tanpa syarat yang rumit, dimana pengerjaan cepat tanpa kontraktor, tanpa lelang, dana anggaran bisa dikatakan sangat minim jika hal itu ada hanya biaya material, bahan bakar serta biaya operator. (hmd)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM