Agustus 27, 2016

Monitoring Serapan Anggaran tiap OPD


Sosialiasi dan Pendampingan Pengisian Aplikasi E-Reporting


Sosialisasi dan pendampingan Bagian Pembangunan Pemkab PPU
PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Aplikasi E-Filling Rencana Umum Pengadaan (RUP) yang dikelola Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mulai digunakan oleh tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten PPU.  Terkait itu, Bagian Pembangunan dan LPSE Kabupaten PPU terus melakukan sosialisasi dan pendampingan pengisian aplikasi E-Reporting, yang bertujuan agar proses pengisian kegiatan serapan anggaran bisa terintegrasi secara online.  


Aplikasi E-Reporting ini bertujuan untuk memudahkan proses pengendalian pembangunan dan kegiatan penyerapan anggaran dari tiap – tiap OPD yang ada. Kedepan harapannya aplikasi ini akan terintegrasi dengan aplikasi lain terkait penyerapan anggaran,“ terang Kasubbag Pengendalian Pembangunan, Nicko Herlambang didampingi Kasubbag Evaluasi Data dan Pelaporan, Eko Setyawan di ruang kerjanya, Kamis, (25/8/2016) . 

Untuk diketahui beber dia, terkait dengan kegiatan realisasi fisik dan laporan keuangan disemua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di PPU, yang selama ini dikumpulkan setiap per triwulan ke bagian pembangunan dilakukan secara manual, kini  mulai tahun 2016 ini akan berubah melalui aplikasi berbasis online. 
“Jadi nantinya setiap SKPD diharapkan akan mengisi aplikasi online itu yang berada di E-Reporting PPU yang telah disediakan, “terangnya. 

Dijelaskan dia, di aplikasi online tersebut, sama dengan apa yang tertuang  di APBD. Nantinya juga diharapkan para admin akan mengisi realisasi fisik dan keuangan yang ada setiap bulan tersebut.  

“Nantinya di tempat dimaksud ada format cetak yang telah disediakan. Mereka setelah mengisi bisa langsung dicetak dalam bentuk exel yang telah tersedia format cetaknya,".

Saat ini lanjut dia, pihaknya juga terus  melakukan sosialisasi kepada semua SKPD dilingkungan PPU. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman sebaik mungkin tentang progran ini dimasing-masing SKPD yang ada, sehingga pada pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan baik.   

“Hingga saat ini, progresnya program ini dilingkungan SKPD di PPU telah mencapai lebih dari 7O persen. Kami berharap tidak terlalu lama program ini dapat selesai 100 persen,“ pungkasnya.  

Kasubbag Evaluasi Data Dan Pelaporan, Eko Setyawan juga menyampaikan agar kepada masing – masing kepala OPD untuk melakukan pemantauan proses pengisian tersebut. Bila dalam pelaksanaannya mendapat kesulitan agar segera berkonsultasi dengan bagian pembangunan dan LPSE Kabupaten PPU.  (humas6)




Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM