Agustus 27, 2016

Disdukcapil PPU Terima Penghargaan dari Kemendagri


Sukses Cetak Akta Kelahiran Lebih 77,5 Persen



Pelayanan di Disdukcapil PPU
PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Penajam Paser Utara (PPU), kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini penghargaan diberikan atas komitmen dan keberhasilannya dalam menyelengaraan pelayanan pencatatan kelahiran, sehingga berhasil mencapai target nasional cakupan kepemilikan akta kelahiran tahun 2016. Penghargaan itu diserahkan saat Rakornas Kependudukan di Pekanbaru, Riau belum lama ini. 

Kepala Disdukcapil PPU, Suyanto menjelaskan, penghargaan ini diberikan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan yang diiikuti seluruh kabupaten/kota di Indonesia yang digelar di Pekanbaru, Riau. Menurutnya, di Indonesia hanya 54 kabupaten/kota yang menerima penghargaan ini sementara di Kaltim hanya Kota Bontang, Balikpapan dan PPU yang menerima penghargaan dari Kemendagri ini.    


Ia mengungkapkan, target yang telah dicapai Disdukcapil dalam menerbitkan akta kelahiran sudah mencapai 79 persen, sementara target nasional untuk tahun 2016 ini hanya 77,5 persen. 
  
"Malah kami sudah melebihi target nasional. Kami bersyukur lah bahwa ternyata di Indonesia PPU termasuk yang sukses mencapai target nasional dalam penerbitan akta kelahiran," ucapnya, Kamis, (25/8) beberapa hari lalu. 

Untuk mencapai target nasional itu lanjutnya, tidak gampang karena selama ini selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan memhimbau untuk segera membuat akta kelahiran bagi yang sudah memiliki balita. Bahkan pihaknya terkadang pro aktif menjemput bola dengan membantu masyarakat yang ingin membuat akta kelahiran. 

Menurutnya, selain pro aktif pelayanan pembuatan akta kelahiran ini juga sangat dipermudah. Salah satunya bila berkas mereka lengkap maka hanya sekitar 4 jam, pencetakan akta kelahiran sudah selesai dan mereka bisa membawa pulang. Namun bila berkas mereka belum lengkap, maka paling lambat 2 hari akta kelahiran mereka diterbitkan sepanjang bersyaratan dilengkapi.  

Bukan hanya itu lanjutnya, tingkat kesadaran untuk membuat akta kelahiran di PPU juga cukup tinggi. "Setiap hari itu ada skeitar 50 akta kelahiran yang saya harus tandatangani. Itu menandakan bahwa kesadaran masyarakat untuk membuat akta kelahiran sangat tinggi," ucapnya. 

Ia mengimbau kepada masyarakat agar yang belum membuat akta kelahiran agar segera diurus, karena jangan sampai nanti anaknya sekolah baru mengurus akta kelahiran. Karena akta kelahiran sangat penting bagi seorang anak. (humas6)




Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM