Selasa, 09 Agustus 2016

Ismu: Kampung Sidrap Masuk Prioritas

SANGATTA,KABARKALTIM.CO.ID- Program desa mmbangun terus digelorahkan kepada masyarakat tiap kunjungan kerja Bupati Ismunandar bersama Wakil Bupati Kasmidi Bulang ke
Plang Pemkot Bontang di Kutim. (bahar sikki/kk)
wilayah pelosok Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Seperti yang diucapkan bupati Kutim ketika bertatap muka masyarakat di Kampung Sidrap, Desa Martadinata, Kecamatan Teluk Pandan, Selasa (9/8/2016).

“Kampung Sidrap masuk prioritas,” janji bupati Kutim di hadapan warga. Ismunandar yang biasa disapa akrab Ismu, menyikapi aspirasi masyarakat tentang upaya memajukan pembangunan di wilayah perbatasan Pemkab Kutim dengan Pemkot Bontang.

Kunjungan kerja ke desa-desa terkait dengan memuluskan rencana dalam pelaksanaan program pembangunan. Karena selama ini, Musayawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam), dan Musyawarah Rencana Pembangunan Kabupaten (Musrenbangkab)belum maksimal. dalam merealisasikan. Tiap tahun ada usulan pembangunan, tapi realisasinya tak kunjung dirasakan manfaatnya sesuai harapan masyarakat. "Inilah salah satu tujuan sehingga kami keliling ke desa- desa," kata Ismu menghadap utara di kolong tenda pertemuan.

Terkait  janji bantuan sapi ternak oleh bupati terdahulu, yang tidak terealisasi utuh. Yang dijanjikan tiga puluh ekor, tapi yang disalurkan hanya tiga ekor. Nolnya masih tertinggal, itu menjadi bahan  Pemkab dalam mengambil kebijakan kedepan.

“Pengadaan air bersih, pembangunan infrastruktur dasar  seperti jalan tani, bantuan peralatan pertanian dan bantuan lainnya masuk skala prioritas. Ini semua bertujuan meningkatkan mutu layanan, meningkatkan ekonomi serta meningkatkan taraf hidup masyarakat,” tukas Ismu disambut baik masyarakat yang hadir dalam kunjungan silaturahmi tersebut.

Bupati Kutim mengimbau kepada pihak terkait soal pengadaan air bersih di Kampung Sidrap untuk melakukan survei guna mendeteksi lahan-lahan mana di Kampung Sidrap bisa digunakan untuk menggali sumur bor. “Mungkin ada lokasi punya potensi bila di situ dibuatkan sumur bor. Silahkan,” harap Ismu.

Pembangunan prioritas dimaksud bupati Kutim, bukan hanya pada pembangunan fisik saja, tapi pembangunan peningkatan mutu sumber daya manusia terus digiatkan. Nantinya ada Perbup (Peraturan Pupati, Red) untuk melarang anak sekolah berkeliaran  dari pukul 19.00 Wita sampai pukul 21.00 Wita tanpa tujuan. Perbup wajib belajar ini dimaksudkan agar melindungi generasi penerus perjuangan bangsa dari prilaku menyimpang. Mencegah insan melakukan seks bebas. Juga mencegah anak bangsa terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Sebelumnya, Budi, warga setempat menyampaikan pentingnya ada bantuan alat pertanian  untuk warga. Menurutnya, sayur mayur dan palawija yang dipasarkan di Km 1 Loktuan, hampir semuanya hasil petani dari Kampung Sidrap dan sekitarnya. Penopang ekonomi keluarga tani di wilayah perbatasan kebanyakan dari hasil bercocok tanam. Untuk itu, perhatian Pemkab Kutim untuk mendorong masyarakat dalam upaya meningkatkan produksi pertaniannya sangat diharapkan.

“Jangan hanya desa- desa yang lain mendapat perhatian lebih. Sementara, warga Kutim yang bermukim di wilayah perbatasan Bontang, juga memerlukan bantuan,” keluhnya.

Sedangkan Abdul Rahman mengharapkan peningkatan kualitas jalan alternatif penghubung Kota Bontang dengan kota kecamatan Teluk Pandan (Jl Trans Kalimantan). Kampung Sidrap sangat dekat dengan pabrik Pupuk Kaltim. “Bila terjadi sesuatu musibah misalnya, tapi mudah-mudahan tidak terjadi, maka jalur evakuasi sangat diperlukan. Karena saat ini belum ada,” ungkapnya. (ri)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM