September 01, 2016

Awang Faroek : Gerakan Pramuka Tumbuhkan Karakter Lebih Baik


Awang memberikan penghargaan kepada Yusran Aspar (haru/kk)
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Provinsi Kaltim memimpin upacara HUT Pramuka ke-55 tingkat Provinsi Kaltim yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Kota Balikpapan, Rabu (31/8/2016).
Upacara ini diikuti  anggota Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega, para Pembina Pramuka dari Kwartir Cabang Kota Balikpapan serta undangan perwakilan Kwartir Cabang se-Kaltim, unsur Majelis Pembina Daerah dan Cabang se-Kaltim. Hadir dalam upacara tersebut Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Masud, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, Wakil Ketua DPRD PPU Sudirman serta beberapa pimpinan SKPD Pemprov Kaltim.

Pada kesempatan itu, Gubernur memberikan penghargaan Satya Lencana Melati kepada Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicap) PPU, Yusran Aspar dari Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault. Selain penghargaan Satya Lencana, Awang Faroek Ishak juga menyerahkan penghargaan Satya Lencana Dharma Bhakti dan Satya Lencana Panca Warsa kepada puluhan pengurus Pramuka se-Provinsi Kaltim atas jasa-jasa memajukan dan membina Kepramukaan di daerahnya masing-masing.
Dalam amanatnya, Gubernur Kaltim sebagai Ketua Mabida mengharapkan gerakan Pramuka dapat menumbuhkembangkan karakter anak didik lebih baik, selain itu Gubenur menilai positif terhadap wacana full day school ini. Menurutnya, gagasan terebut tepat diterapkan untuk pendidikan karakter anak. Terlebih, melihat kondisi bangsa saat ini yang menunjukkan adanya degradasi dan krisis moral di kalangan generasi muda.
“Gagasan full day school ini layak diterapkan untuk meminimalkan terpaan negatif yang berasal dari lingkungan luar sekolah. Anak-anak kegiatannya menjadi lebih terarah saat di sekolah, mendapat pendidikan serta penguatan karakter,” kata Awang.
"Dengan demikian peserta didik dapat terhindar dari pengaruh-pengaruh negatif dan kontra produktif, seperti penyalahguaan narkoba, tawuran, dan sebagainya. Penerapan full day school juga dapat membantu orang tua dalam membimbing anak tanpa mengurangi hak anak," katanya.
Dalam rangkaian HUT Pramuka ke-55  Provinsi Kaltim itu juga ditampilkan atraksi  para Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dari satuan Pramuka se-Kota Balikpapan serta tari-tarian khas daerah. (*/hmd)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM