Kamis, 28 Juli 2016

Sekda Sambut Kedatangan Kang Andik




Bangga dengan Lingkungan Hutan di PPU


PENAJAM,  KABARKALTIM.CO.ID– Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) H. Tohar,  menyambut kedatangan Raden Andik Jaya Prawira atau yang akrab disapa Kang Andik  di ruang kerjanya, Selasa (26/7/2016). Kang Adik adalah lansia (lanjut usia) 71 tahun,  asal kelahiran Provinsi Banten 04 Agustus 1943 yang memiliki cita-cita bersepeda keliling Indonesia, untuk menempuh jarak 5.759 selama 270 hari dengan mengunjungi 128 kota dan kabupaten di Indonesia. Termasuk di Kabupaten PPU. 

“Kami ucapkan selamat datang kepada Kang Andik yang sedang menjalankan misinya. Saat ini sedang berada di daerah Kabupaten PPU ini,“ terang Tohar. 


Seperti dikatakan Kang Andik di hadapan Tohar, tujuan utamanya berkeliling Indonesia dengan bersepeda adalah untuk mengajak semua alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) dan rimbawan Indonesia untuk tetap menjaga dan mengelola hutan secara lestari. Dia menyebutkan, hutan adalah paru-paru dunia dan sumber kehidupan, harus tetap dijaga dan dilestarikan.  

“Berkeliling selama satu tahun, bersyukur kami tidak pernah sakit, hujan dan teriknya matahari, tidak menyurutkan tekad kami,“ jelasnya. 

Diceritakan dia, awalnya motivasi dirinya hanya ingin menemui alumni SKMA angkatan 64-69 yang ada di Jawa-Bali untuk menjalin silahturahmi, tapi pemerintah Jawa Barat dan DKI mengusulkan untuk menjadi duta IKA SKMA Indonesia dan menemui alumni SKMA di Indonesia sebanyak mungkin di tiap daerah. 

Kemudian dirinya mengumpulkan sebanyak mungkin tanda tangan atau bukti kunjungan pada tiap Kepala Daerah dan Kehutanan di kota yang ia singgahi, yang nanti diserahkan ke MURI, juga sebagai pesepeda lansia pertama yang keliling Indonesia di umurnya yang terhitung lansia.  

“Di Kabupaten PPU ini merupakan kunjungan kami yang ke-266 provinsi ke -21. Saya mulai melakukan perjalanan sejak  September  2014 lalu yang dimulai dari Kota Banten. Selanjutnya kami akan menuju kalimantan selatan, barat, tengah, kemudian terakhir menuju sepuluh provinsi di Pulau Sumatera baru kembali ke Banten,“ terang Kang Andik. 

Dirinya juga mengungkapkan bahwa kagum dengan Kabupaten PPU yang ia singgahi saat ini. Betapa tidak kata dia, di PPU saat ini masih banyak ditemui hutan lindung yang terjaga dengan baik. Hal itu membuktikan bahwa kepedulian pemerintah daerah tentang kelestarian lingkungan itu telah dibuktikan. 

“Sebagian besar daerah-daerah di Kaltim yang kami temui termasuk di PPU ini, pemerintah daerah telah  memiliki komitmen yang sangat baik untuk menjaga kelestarian hutan yang ada di daerahnya,“ pungkas dia. (humas6)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM