Juli 28, 2016

Perbaiki Pakan, PPU Tingkatkan Jumlah Kelahiran Sapi



PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID– Untuk meningkatkan produktivitas perternakan yang ada, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), melakukan metode dengan menggalakkan perbaikan pakan ternak untuk meningkatkan jumlah kelahiran sapi di daerah setempat. 
  
“Perbaikan pakan ternak merupakan salah satu metode untuk meningkatkan populasi ternak sapi di daerah,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanak Kabupaten PPU,  Arief Murdiyatno di Penajam, Rabu (27/7/2016) lalu. 
  
Dikatakan dia, Distanak Kabupaten PPU saat ini juga telah melakukan program intensifikasi inseminasi buatan atau kawin suntik pada hewan ternak sapi. Namun, untuk lebih mengembangkan populasi ternak sapi, katanya, Distanak Kabupaten PPU mulai menggalakkan perbaikan pakan ternak tersebut.  


“Perbaikan pakan ternak menggunakan padang penggembalaan sebagai sumber area pakan, kemudian hewan ternak digembala pada siang maupun malam hari,” katanya. 

Perbaikan maupun pengembangan padang penggembalaan, katanya, diperlukan untuk pemeliharaan hewan ternak agar dapat lebih maksimal.   

“Areal sumber pakan itu sangat diperlukan untuk pemeliharaan ternak secara ekstensif dapat menghasilkan produksi yang optimal dan berkelanjutan,”  katanya. 

Berdasarkan kesediaan jumlah pakan dari kebun hijauan, berarti baru sekitar 10 persen dari jumlah total jumlah sapi di PPU yang mendapat makanan dari kebun hijau pakan. 

“Selebihnya yang 90 persen pakan ternak diperoleh dari rumput alam liar dan dari limbah hasil pertanian maupun hasil perkebunan,” ucap Arief Murdiyatno. 

Distanak Kabupaten PPU mengupayakan peningkatan populasi ternak sapi melalui perbaikan dan pengembangan pakan ternak, selain dengan program intensifikasi inseminasi buatan. Upaya peningkatan populasi hewan ternak sapi tersebut, kata Arief Murdiyatno, untuk mewujudkan target dua juta sapi di Kalimantan Timur serta swasembada pangan nasional 2018. (humas 6)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM